Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Pandemi Covid-19, Perayaan Waisak 2565 T.B./2021 Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju

Rabu, 26 Mei 2021
Kategori : Berita
240

Jakarta (Humas Buddha) ---- Peringatan Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan sesuai Surat Edara Menteri Agama RI No. 11 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Puja Bhakti/Sembahyang dan Dharmasanti Waisak 2565 Tahun Buddhis 2021.

Mengangkat tema "Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju", diharapkan dapat menumbuhkan komitmen bersama menghilangkan sekat perbedaan dengan meneguhkan moderasi beragama.

"Melalui momentum ini, kita tumbuhkan komitmen bersama untuk menghilangkan sekat perbedaan dengan meneguhkan moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ungkap Caliadi dalam press release Perayaan Waisak.

Senada dengan hal tersebut, Bhikkhu Sri Pannyavaro Mahathera bahwa melalui perayaan Waisak ini diingatkan untuk menjalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat dengan dilandasi Metta (cinta kasih).

"Semangat merayakan Waisak mengingatkan kita untuk menjalin kerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat. Metta (cinta kasih) sebagai landasan bagi kita untuk membangun solidaritas dalam menyelesaikan problem-problem kemanusiaan dan membangun kemakmuran," tuturnya melalui telepon selular.

Selanjutnya, Bhikkhu Khemacaro Mahathera juga sampaikan agar hendaknya mengembangkan perasaan cinta kasih kepada semua makhlukdalam ranah hidup berke-Bhinneka-an.

 "Tri Suci Waisak, meneladani hidup Sang Buddha, hidup dalam ke-Bhinneka-an hendaknya mengembangkan perasaan cinta kasih  yang tidak terbatas kepada semua makhluk," ungkapnya

Sejalan dengan tema Waisak, Suhu Dutavira Mahastavira juga ungkapkan untuk membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan dengan menggunakan hati lakukan kebajikan.

"Waisak membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia Maju. Waisak gunakan hati lakukan kebajikan," pungkasnya.

Pelaksanaan peringatan detik detik  Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis diselenggarakan secara serentak secara nasional dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.


Sumber
:
Humas dan Sisfo
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait