Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Jelang Waisak Persatuan Umat Buddha Indonesia (PERMABUDHI) Bagikan 2000 Paket Sembako

Sabtu, 03 Juni 2023
Kategori : Berita

Magelang (Bimas Buddha) --------- Menjelang  Prayaan Waisak 2567 BE/ 2023 Persatuan Umat Buddha Indonesia (PERMABUDHI) selenggarakan Bakti Sosial sejumlah 2000 Paket Sembako kepada warga Desa Borobudur bertempat di Balai Desa Borobudur (03/06/2023).

Ketua Umum PERMABUDHI  Phillip K. Wijaya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan bakti sosial ini adalah di setiap kegiatan umat Buddha dapat membawa kebahagian bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno dalam kesempatan hadir mengharapkan Candi Borobudur akan menjadi pusat tempat peribadatan umat Buddha yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar Borobudur.

“Umat Buddha atau wisatawan akan bergiatan di lingkungan Borobudur, Magelang dan sekitarnya maka akan menumbuhkan ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Sementara itu Dirjen Bimas Buddha Supriyadi dalam sambutannya sampaikan bahwa kegiatan bakti sosial adalah  praktek baik umat Buddha dalam mewjudkan  Brahmavihara dalam bentuk nyata.

"Umat Buddha sebagai bagian dari warga negara Indonesia juga berkewajiban dan berkepentingan untuk turut serta mewujudkan kehidupan yang harmonis dan sejahtera. Khususnya dalam rangka merayakan hari Waisak ini kita berbagi kebahagiaan. Jadi  kebahagiaan ini tidak hanya untuk dinikmati oleh umat Buddha semata tetapi kebahagiaan itu juga bisa dinikmati oleh semua orang, semua masyarakat yang ada di sekitar Candi Borobudur ini,” jelas Dirjen.

"Dimana pemerintah telah mencanangkan lewat Nota Kesepakatan 4 Menteri dan 2 Gubernur berusaha untuk menjadikan Borobudur tidak hanya sebagai monumen yang mati, tetapi bagaimana bisa menjadi bagian dari kesejahteraan dan kemaslahatan bagi seluruh masyarakat Indonesia ini maupun dunia. Karena itulah maka ini menjadi bagian yang sangat penting bagaimana kita bisa menjaga, bisa merawat, dan bisa memahami Borobudur tidak hanya untuk ritual, tidak hanya pariwisata tetapi juga untuk membangun kesejahteraan masyarakat di sekitarnya" pungkasnya.

Hadir dalam acara bakti sosial Camat Borobudur, perwakilan Koramil dan Polsek Borobudur serta Kepada Desa Borobudur.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait