Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

240 Mahasiswa Siap Berkompetisi pada Mahanitiloka Dhamma Tingkat Nasional

Rabu, 17 Mei 2023
Kategori : Berita

Magelang (Bimas Buddha) -------- Dalam upaya mendukung mahasiswa dalam berkompetisi menampilkan bakat dan minatnya baik di dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, karya cipta, kewirausahaan maupun kajian Tripitaka, Ditjen Bimas Buddha selenggarakan Mahanitiloka Dhamma (MLD) 2023.

Mahanitiloka Dhamma (MLD) tahun ini sebagai event yang ke-10 dengan mengusung tema KEREN (Kreatif, Edukatif, Responsif dan Nasionalis) dan bermaskot singa yang memakai baju lurik, blangkon dan memegang piala KEREN.

Ajang kompetensi mahasiswa melibatkan 240 mahasiswa dari 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) yakni 2 Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN Sriwijaya Tangerang Banten dan Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah), serta 8 Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha Swasta dianyaranya Sekolah  Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Smaratungga, Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Syailendra, Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa, Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda, Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Maha Prajna, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Jinarakkhita, Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Maitreyawira, Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Bodhi Dharma.

Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Nyoman Suriadarma dalam Sambutan Pembukaan menyampaikan MLD sebagai ruang untuk mengasah kreatifitas, kemampuan berpikir, mendalami knowledge atas pengetahuan yang diperoleh serta responsif terhadap berbagai perkembangan, pada Rabu (16/05/2023).

“Lima jenis lomba ini adalah sebuah ruang untuk dapat menggali potensi atau sebagai salah satu bentuk eksplorasi atas kemampuan masing-masing, tentu apapun hasilnya, jangan lihat hasilnya saja, lihat kemauan telah hadir, tekad sudah hadir, dan keberanian juga sudah hadir,” sebutnya.

Menuturnya jika kita kreatif dalam menghadapi tantangan, maka kehidupan akan dapat solusi. Jika kita tanggap atas perkembangan kondisi yang kita hadapi, kita juga akan merespon lebih cepat. Jadi kedepan kreativitas dan responsif itu sangat menentukan perjalanan mahasiswa.

“Ini merupakan suatu proses untuk kita terus menggali potensi diri berupaya meningkatkan potensi diri setinggi-tingginya agar kedepan dapat meraih sukses di dalam kehidupan,” jelasnya Nyoman.

Kegiatan Mahanitiloka Dhamma (MLD) tahun 2023 memperlombakan lima jenis lomba dan juara umum berhak memboyong piala bergilir Menteri Agama.

Adapun jenis lomba sebegai berikut:

-Lomba PKM - Kajian Tripitaka

-Lomba PKM - Kewirausahaan

-Lomba PKM - Pengabdian Masyarakat

-Lomba PKM - Karya Cipta

-Lomba PKM – Penelitian.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait