Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Pengawas Pendidikan Agama Buddha, Caliadi: Penjaga Kerukunan Pendukung Pembangunan

Senin, 25 November 2019
Kategori : Berita
522

Pembangunan bidang agama menjadi prioritas bagi pemerintah dalam menjaga kesinambungan pembangunan nasional. Karenanya harus tercipta kerukunan agar pembangunan bisa terlaksana dengan baik.

Pengawas diharapkan bisa lebih berperan aktif tidak hanya dibidang pendidikan, namun juga bidang lainnya. Seperti halnya bidang agama dalam hal menjaga kerukunan dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Hal tersebut diungkapkan Dirjen Bimas Buddha Caliadi saat Menyapa Pengawas pendidikan agama Buddha, Jakarta (24/11). 

Dalam kesempatan itu dirinya mengungkapkan tugas pokok pengawas.  Antara lain ungkapnya melakukan penilaian kegiatan Pendidikan Belajar Mengajar (PBM) terhadap guru, sejauh mana guru bisa menjalankan proses tersebut dengan baik.

Lebih lanjut Caliadi mengharapkan proses seleksi guru untuk menjadi pengawas bisa melalui proses menjadi kepala sekolah. 

"Dengan menjadi kepala sekolah akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan suatu saat menjadi  pengawas," ucapnya. 

Dikatakannya tugas pengawas tidak hanya melakukan pengawasan secara administrasi saja. Pengawas melakukan pengawasan PBM dan pengembangan sekolah serta penilaian terhadap kepala sekolah.

Pengawas menurut Caliadi melaksanakan evaluasi dan monitoring, melaksanakan pengawasan terhadap penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Hal ini disesuai dengan penugasannya, baik tingkat SD, SMP ataupun SMA sesuai bidang dan tugasnya.

Pengawas juga lanjut Caliadi diberikan cluster dalam hal pengawasan dan memberikan supervisi, membuat RPP.


Sumber
:
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait