Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Gamelan Dapat Melestarikan Budaya Tradisional

Sabtu, 27 November 2021
Kategori : Berita

Yogyakarta  (Humas Buddha) --------   Dalam mendukung dan melestarikan budaya melalui musik tradisional  Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Tahun 2021 menyiapkan bantuan untuk  Lembaga Pendidikan Keagamaan Buddha.  

Secara nasional bantuan Lembaga Pendidikan Keamaan Buddha melalui Sekolah Minggu Buddha (SMB) tahun 2021 ada 6 lokasi, diantaranya Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Utara.

Pembimas Buddha Provinsi Daerah Istiwewa Yogyakarta, Saryono “ Tahun ini Program Bantuan Pemerintah untuk Sarana Pembelajaran berupa Alat Musik Pendidikan Keagamaan Buddha dari Ditjen Bimas Buddha, diberikan kepada SMB Bodhicitta Maitreya melalui Bimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah dimanfaatkan dengan sangat baik” jelasnya.

“Sebagai buktinya,  walau dimasa pandemi, setelah menerima bantuan alat musik berupa Gamelan Lengkap (Pelog dan Slendro) Lembaga telah mengadakan latihan dan menguasai pengetahuan dasar  karawitan dengan bimbingan Guru Karawitan Profesional (Bapak Anom),” tambahnya.

Pembina Sekolah Minggu Buddha, Pandita dr.Lusia Anggraini, MPH menyampaikan  bahwa bantuan gamelan sangat membantu untuk melestarikan budaya.

“Dengan bantuan gamelan,  kami sangat senang, karena dapat melestarikan budaya tradisional warisan  nenek moyang kita terutama kepada generasi muda dan anak-anak yg mulai memudar pengenalan kepada budaya tradisional ,” ungkapnya

Lebih lanjut Pandita Lusia Anggraini  mengucapkan terima kasih kepada pemerintah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Ditjen Bimas Buddha, yang telah membantu SMB kami dan semoga bantuan gamelan ini bermanfaat,  untuk meneruskan dan melestarikan budaya tradisional yang ada di Yogyakarta, “tuturnya..


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait