Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Menag Tandatangani Prasasti Dua Vihara

Jumat, 13 Mei 2022
Kategori : Berita

Jakarta (Humas Budha) --------------------- Umat Buddha Indonesia kini memiliki dua vihara baru yang berada di Jakarta Barat yakni Vihara Dharmajaya Toasebio dan Vihara Samakkhidham.

Peresmian dua vihara ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat. 

Menurut Menag Yaqut peresmian vihara ini menjadi simbol, bahawa Indonesia sangat menghargai kehidupan beragama warganya.

"Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan hari ini benar-benar bermanfaat bagi kehidupan umat beragama, dan membawa kebahagiaan bagi bangsa ini," kata Menag Yaqut, Kamis (12/5/2022).

"Mari sama-sama kita resmikan dua vihara ini.
Terimakasih," sambung Menag diikuti riuh tepuk tangan para pengurus vihara dan perwakilan umat Buddha yang hadir.

Menag pun mengaku senang, bisa bersama-sama perwakilan umat Buddha dan jajaran Ditjen Bimas Buddha meresmikan dua vihara ini. Apalagi Vihara Dharmajaya Toasebio yang sudah berusia 271 tahun, lanjut Menag jauh lebih tua dari Republik ini,. 

"Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan hari ini benar-benar bermanfaat bagi kehidupan umat beragama, dan membawa kebahagiaan bagi bangsa ini," tambah Menag Yaqut.

Sementara itu Ketua Yayasan Vihara Dharmajaya Toasebio, Arifin Tanzil menyampaikan rasa haru dan bahagia setelah Vihara Dharmajaya Toasebio diresmikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

"Kami hari ini berbahagia, Vihara Dharmajaya Toasebio diresmikan Menag Yaqut. Klenteng ini sudah berumur sudah cukup lama," kata Arifin Tanzil.

Ia menjelaskan bahwa dalam rangka mengedukasi generasi muda, pihak pengurus vihara membuat prasasti sejarah, dan hari ini diresmikan oleh Menag Yaqut.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang mencintai budaya dan sejarahnya. Kita harus tahu sejarah leluhur kita, sejarah Klenteng kita, lebih jauh sejarah bangsa kita. Itu menjadi suri tauladan bagi kita penerus bangsa," terang Arifin Tanzil.

Bhante Dhammavuddho dari Vihara Samakkhidham menyampaikan rasa senang, bahagia sekaligus mengucapkan terima kasih atas kesediaan Menag Yaqut meresmikan Vihara Samakkhidham yang berada di jalan Palem Lestari, Blok C, Jakarta Barat.

"Setelah diresmikan, kita berharap semakin banyak umat yang lebih rajin beribadah. Dan semoga pihak Vihara bisa mengembangkan dan mendukung program Moderasi Beragama," kata Bhante Dhammavuddho. 

Tampak hadir mendampingi Menag Plt Dirjen Bimas Buddha Nyoman Suriadarma, Stafsus Menteri Agama Wibowo Prasetyo dan Pembimas Buddha Provinsi DKI Jakarta.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait