Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

WALUBI Lakukan Doa Bersama untuk Palestina

Jumat, 17 November 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ---------- DPD WALUBI Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Dhammayatra mengunjungi tempat-tempat suci agama Buddha yakni Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Sewu yang dibimbing langsung oleh Ketua Umum Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia (MAHABUDHI) YM. Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira/Suhu Pushan.

Dalam kesempatan kunjungan ke Candi Agung Borobudur semua peserta melakukan ritual pradaksina dengan melafalkan sutra-sutra dan mantra-mantra dipimpin langsung oleh YM. Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira/Suhu Pushan.

Suhu Pushan mengatakan kegiatan dharmayatra ini, salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan ritual khususnya di candi-candi atau situs utama. “Kita untuk hari ini dipusatkan di Candi Borobudur,” jelasnya pada Jum’at (17/11/2023).

Dengan spiritual dari sutra dan mantra dari atas puncak candi lanjut Suhu juga melakukan pradaksina, tentunya jasa kebajikan ini kita limpahkan kepada semua makhluk, khususnya kepada saudara-saudara kita yang Palestina dan Israel terjadi konflik. Jadi mudah-mudahan konflik ini secepatnya berakhir.

“Diatas puncak Candi Borobudur melafalkan sutra-sutra dan mantra-mantra. Selain itu, juga melakukan doa khusus agar tercipta perdamaian di Palestina,” jelas Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira/Suhu Pushan.

Menurutnya karena ajaran Buddhis sendiri adalah mengajarkan tentang cinta kasih, perdamaian sehingga kita bisa hidup rukun, harmonis. Dengan adanya kerukunan perdamaian tentunya cita-cita utama kita umat Buddha memiliki saudara hidupnya bahagia, tentram, damai untuk memiliki suatu keharusan dan itulah tugas utama siswa dan para murid umat Buddha yang sesungguhnya.

Ketua DPD WALUBI DKI Jakarta Jandi Mukianto menjelaskan selain ke Candi Borobudur, kami juga mengajak para umat untuk Dhammayatra ke candi-candi agama Buddha lain yakni Candi Mendut dan Candi Sewu, juga akan dilaksanakan kunjungan silaturahmi ke vihara-vihara Buddhis yang ada di Temanggung dalam rangka meningkatkan kerukunan intern umat Buddha.

Untuk diketahui, WALUBI memiliki catatan sejarah terpanjang dan legitimasi di Indonesia sebagai organisasi yang mewakili umat Buddha, serta menjadi wadah pemersatu majelis-majelis agama Buddha dan lembaga keagamaan Buddha yang senantiasa mengayomi anggotanya dalam suasana kekeluargaan, rukun, bersatu padu, menghayati dan mengamalkan Dharma Agama dan Dharma Negara.


Sumber
:
Humas Walubi
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait