Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Gelar Karya Bakti Jelang Hari Raya Waisak, Umat Buddha Doakan dan Refleksikan Pengorbanan Pahlawan

Minggu, 05 Mei 2024
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ---------- Minggu (5/5/2024) pagi, umat Buddha Jakarta dan sekitarnya melakukan kegiatan Karya Bakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Kegiatan yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 B.E. Tahun 2024, dengan melibatkan umat Buddha antar organisansi/lembaga dan majelis.

Kegiatan Karya Bakti dimulai dengan upacara yang dirangkai doa bersama serta penghormatan kepada para pahlawan.

Bertindak sebagai inspektur upacara, dalam sambutannya Dirjen Bimas Buddha Supriyadi mengatakan bahwa hendaknya kita (umat Buddha) senantiasa bersyukur atas jasa para pahlawan, serta memberikan penghormatan setinggi-tingginya atas segala pengorbanan yang telah diberikan bagi bangsa dan negara.

"Karena itulah, maka kita diingatkan untuk terus berbuat baik. Berbuat kebajikan, agar apa yang kita torehkan nanti dapat dikenang oleh anak cucu kita, oleh penerus-penerus kita," sambungnya.

Selain itu, Dirjen juga mengajak umat Buddha untuk membaktikan diri kepada bangsa dan negara dengan menerapkan ajaran Buddha, serta meyakini bahwa kebajikan tiada lekang oleh waktu.

Seusai upacara digelar, Dirjen beserta umat Buddha yang hadir bersama-sama melakukan bersih makam dan tabur bunga di komplek TMP Kalibata. Tidak hanya di Jakarta, acara serupa juga digelar oleh umat Buddha di berbagai daerah.

Sebagaimana diketahui, Hari Raya Waisak memperingati tiga peristiwa penting yakni kelahiran Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha; serta Buddha Gautama Parinibbana (wafat). Adapun Detik–Detik Waisak kali ini akan jatuh pada hari Kamis, 23 Mei 2024 pukul 20.52.42 WIB.


Sumber
:
Tim Humas
Penulis
:
A Wardiyanto
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait