Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Ribuan Umat Buddha Rayakan Sanghadana Kathina.

Minggu, 30 Oktober 2022
Kategori : Berita

Hari Kathina merupakan hari bakti umat Buddha kepada para Bhikkhu Sangha untuk mempersembahkan empat kebutuhan pokok para Bhikkhu yakni makanan, jubah, obat-obatan, dan tempat tinggal.

Di Vihara Padumuttara, ribuan umat Buddha mengikuti Sanghadana Kathina 2566 BE dengan menghadirkan lebih dari 10 Bhikkhu Sangha, Sabtu (29/10/2022).

Pada kesempatan Dhammadesana YM. Avudhapanno Mahathera menyampaikan bahwa umat Buddha Buddha harus rajin dengan pekerjaannya, menjaga hasil atau barang kita dengan baik, kita harus bisa bergaul dengan teman yang baik, penggunaan atau pengeluaran uang sesuai dengan kemampuan kita.

 

Lebih lanjut YM. Avudhapanno Mahathera mengingatkan tentang pikiran, “ Pikiran kita itu tidak berbentuk tetapi ada namanya, kalao begitu harus mempunyai kesadaran yang baik, kita harus jaga pikiran kita dengan baik untuk menjaga pikiran kita tenang,” pesannya.

Ketua Bidang Agama Buddha Vihara Padumuttara Mutiarini Sugianto mengatakan bahwa tahun ini umat yang perayaan Kathina cukup banyak umat yang datang. 

  

“Untuk tahun ini setelah selesai pandemi atau covid-19 perayaan mulai ada umat yang datang, perayaan Kathina ini banyak umat yang datang dan melebihi dari rencana, kami panitia sampai kualahan dan untuk ansisipasi kami menyedian ruang tambahan supaya umat dapat mengikuti Sanghada Kathina,” jelasnya.

Umat Buddha juga memadati Vihara Punna Sampada untuk bersama-sama merayakan Sanghadana Kathina dengan penuh semangat dan santusias, Minggu (30/10).

Y.M Bhikhu Attadiro Thera dalam pesan dhamma menyampaikan lima hal yang dilakukan orang baik dalam memberi.

 

“Ada lima hal ketika orang baik melakukan tindakan memberi orang yang baik tentu mengikuti dirinya tanpa kepikiran, mengikuti dirinya dengan berusaha mau berbagi, tidak pelit, karena orang yang baik punya pemahaman. Dan apa yang dilakukan oleh orang yang baik yang mendatangkan manfaat besar di dalam diri kita ini,” tuturnya.

Menurut Bhante ketika orang baik melakukan perbuatan baik, saling memberi yang pertama adalah memberi didasari dengan keyakinan artinya kita memberi dengan benar benar dan sadar yang kita lakukan. Memberi dengan rasa hormat pahala yang akan didapat akan terlahir menjadi orang kaya, berikutnya orang baik memberi dengan waktu yang tepat ini pahala yang akan di dapat adalah jauh dari kesulitan dan sejahtera, kemudian lanjut Bhante memberi dilakukan dengan iklas tanpa adanya kemelekatan, dan yang terakhir memberi tidak merendahkan diri sendiri dan tidak merendahkan orang lain.

    

Pembina Yayasan Punna Sampada Pdt. Widodo menyampaikan dalam merayakan Sanghadana Kathina tahun ini umat penuh semangat.

“Tahun ini lebih dari seribu umat merayakan Sanghadana Kathina dengan penuh semangat dan antusias karena sudah dua tahun kita tidak merayakan setelah pandemi,” ungkap Widodo.

Lebih lanjut Widodo mengatakan umat yang merayakan Kathina di Vihara Punna Sampada merupakan umat Buddha di bawah naungan Keluarga Besar Theravada Indonesia (KBTI) Provinsi Banten dan binaan Sangha Theravada Indonesia (STI).


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait