Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Ribuan Umat Buddha Sambut Detik-Detik Waisak di Plataran Candi Sewu

Sabtu, 25 Mei 2024
Kategori : Berita

Klaten (Bimas Buddha)  --------- Ribuan umat Buddha menyambut detik-detik Waisak 2568 BE/2024 di pelataran Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah, pada Kamis malam (23/5/2024).

Pada momen ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Triroso mengajak seluruh umat Buddha untuk menjaga keharmonisan dan mempererat kerukunan.

“Sebagai umat untuk bersama-sama kita implementasikan didalam kehidupan kita sehari-hari yakin harmonis, rukun, dan damai,” kata Triroso pada sambutannya.

Sebagaimana diketahui, umat Buddha merayakan Waisak di beberapa tempat. Contohnya seperti di Candi Sojiwan dan Borobudur.

Rangkaian kegiatan penyambutan detik-detik Waisak di Candi Sewu dimeriahkan dengan beberapa agenda.

Sebelum puja bakti dan meditasi jelang menyambut detik-detik Waisak, umat Buddha mengikuti prosesi Kirab Sarana Puja dengan membawa berbagai persembahan yang akan di letakan pada altar.

Setelah pukul 17.00 WIB, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi Pradaksina. Bhikkhu dan ribuan umat Buddha mengelilingi Candi Sewu dalam satu putaran.

Puncak acara Waisak di Candi Sewu dimeriahkan dengan Dharmasanti Waisak dengan pagelaran seni seperti tarian, nyanyian lagu-lagu Buddhis, gitar tunggal, dan gejog lesung.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait