Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

HIKMAHBUDHI Memiliki Posisi Sangat Strategis di Negeri Ini

Sabtu, 26 Maret 2022
Kategori : Berita

Malang (Humas Buddha)  ---------------  Mahasiswa dalam kondisi yang masih sangat muda agar sikap kritis selalu hadir,  selalu tumbuh dan dipelihara sikap kritis akan melahirkan sebuah respon yang sangat bagus untuk melihat berbagai fenomena yang ada di negeri kita, maka ada ucapan jadilah tunas-tunas muda yang cendekiawan.

Hal tersebut disampaikan Plt. Dirjen Bimas Buddha Nyoman Suriadarma saat hadiri Pekan Orientasi XI Himpuan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI),  Sabtu 26/04.

Mahasiswa sebagai bagian dari komponen HIKMAHBUDHI memiliki posisi sangat strategis di strategis karena merupakan gerakan sosial yang bisa memberi nilai tambah memberi kontribusi untuk perbaikan kemajuan, tambahnya.

Plt. Dirjen mengajak untuk melakukan kolaborasi sinergi dengan dengan semua elemen elemen mahasiswa agama lainnya.

“Mari lakukan apa yang disebut dengan kolaborasi sinergi dengan semua elemen elemen mahasiswa yang ada pergerakan di tanah air,  karena saya tahu hampir semua komponen agama memiliki pergerakan atau elemen kemahasiswaan dengan agama lainnya dari masing-masing agama untuk selalu berkolaborasi bersinergi mencermati kondisi  bangsa secara terus-menerus menjadikan negeri ini berkembang lebih pesat lagi” ajaknya.

Kepala Biro Kesra Provinsi Jawa Timur Gatot Subroto saat  membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur menyampaikan Jajaran HIKMAHBUDHI untuk turut serta mendukung program pemerintah terutama  upaya yang terus-menerus dilakukan adalah kerukunan antar dan intern umat beragama karena dengan kerukunan kita bisa dengan leluasa membangun negeri ini ke arah yang lebih baik dan lebih sejahtera.

Bagaikan sebuah peluru tajam yang mampu melesat cepat menembus benteng benteng penghalang dalam persaingan global disiplin moral dan kecerdasan intelegensi akan mencetak generasi milenial yang tangguh ketangguhan itu menjadi benteng atas ancaman deskripsi teknologi tersebut berupa mengikis etika budaya dan moral dalam kehidupan berbangsa.

Kami meminta seluruh elemen bangsa agar jangan berhenti berkreasi tampilkan ketangguhan demi memenangkan masa depan mewujudkan cita-cita luhur para pahlawan bangsa kesatuan berbagi dengan sesama tunjukkan bangsa kita mampu memanfaatkan kesulitan jadi lompatan untuk kemajuan.

Harapan kami melalui program ini akan muncul gagasan-gagasan dalam mempertahankan generasi muda dengan memiliki komitmen kuat, jiwa nasionalisme dan memiliki tipe pekerja keras semoga dengan upaya yang dilakukan HIKMAHBUDHI ini akan menambah perjuangan mahasiswa dan generasi muda lainnya dalam ikut serta membangun bersama Indonesia yang lebih maju dan berkeadilan.

Wakil Bupati Malang Gatot Didik Subroto menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada HIKMAHBUDHI yang telah memberikan kepercayaan kepada pemerintah Kabupaten Malang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, secara pribadi menghaturkan ucap terima kasih apresiasi yang sedalam-dalamnya secara khusus kepada HIKMAHBUDHI,  yang telah memberikan kepercayaan kepada pemerintah Kabupaten Malang atas Pendopo Agung Kabupaten Malang dijadikan tempat sebagai Pekan Orientasi XI HIKMAHBUDHI Indonesia yang hari ini ada adik dengan sukacita,  sukaria melaksanakan kegiatan ini dari seluruh Indonesia tentunya saya ucapkan selamat datang untuk semuanya di Kabupaten Malang” jelasnya.

Menurutnya kampus dengan metoda merdeka belajar,  ini menjadi sesuatu yang harus ditangkap dengan ruang-ruang yang tidak ditangkap oleh mahasiswa ada hal-hal yang hari ini berbeda dengan ruang yang sebelumnya mahasiswa diberikan kesempatan untuk belajar seluas-luasnya di lapangan 50% ada di lapangan 50% ada dia belajar di dalam kampus.  Tentunya dalam proses bergaul di lingkungan dengan pluralismenya maka ini menjadi sesuatu keragaman Indonesia dengan berbagai agama yang ada di dalamnya keragaman itu indah kebersamaan itu menyenangkan kebhinekaan itu mewujudkan keindonesiaan tentunya kehadiran saudara-saudara ke Kabupaten Malang ini.

Secara pribadi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya sedikit saya sampaikan kepada panjenengan Kabupaten Malang satu diantaranya umat Budha di Kabupaten Malang itu menduduki hampir 1% dari 3 juta jiwa yang ada di Kabupaten Malang artinya 1% di antaranya adalah Buddha yang sisanya 93 saudara-saudara kami ada umat Muslim kemudian ada saudara dengan Kristiani itu tidak kurang antara 4 setengah persen kemudian saudara-saudara Hindu kita hampir 2% tentunya saudara-saudara umat Buddha mewarnai keberagaman yang ada di Kabupaten Malang.

Kami sampaikan utamanya berkaitan dengan kegiatan Pekan Orientasi XI di Malang yang diantaranya:

Pekan Orientasi hendaknya dapat semakin memperkuat eksistensi HIKMAHBUDHI sebagai sebuah intensitas dan tatanan pembangunan di bidang spiritual keagamaan Buddha di tanah air yang senantiasa melahirkan cendekiawan muda yang dan profesionalisme, perlunya untuk terus memperkuat pemahaman ideologi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan generasi muda Buddhis.  Di mana yang paling utama adalah bagaimana mahasiswa dapat secara aktif menegakkan Pancasila sebagai tulang punggung seluruh seluruh aktivitas pembangunan bangsa sekaligus sebagai falsafah yang menjadi landasan berpikir bagi kalangan anak muda dan bertindak dalam rangka mengambil keputusan kepemudaan juga dapat berperan di tengah-tengah pembangunan bangsa utamanya, Sebagai wadah kepemudaan HIKMAHBUDHI hendaknya juga dapat berperan di tengah-tengah pembangunan  bangsa, pungkasnya.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait