Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Resmikan Vihara di Subang Dirjen: Kita Sebagai Bagian untuk Menyediakan dan Mewujudkan Generasi Emas

Rabu, 17 Mei 2023
Kategori : Berita

Subang (Bimas Buddha) ------ Dirjen Bimas Buddha Supriyadi menandatangani prasasti peresmian Vihara Agung Astha Hannas, Rabu (17/05).

Vihara yang terletak di komplek Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia Astha Hannas Jl. Raya Binong No. 65 Kec. Binong Kab. Subang Jawa Barat ini merupakan inisiasi dari Ketua Dewan Pembina Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia, Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, S.H., M.H., M.S.

Dalam sambutannya, Supriyadi menyampaikan terimakasih kepada Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia-Astha Hannas khususnya, Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, S.H., M.H., M.S, telah menyediakan tempat ibadah bagi umat di Subang dan sekitar wilayah dari SMA Plus Astha Hannas.

"Kami dari Bimas Buddha menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Bapak Pimpinan dan seluruh jajaran akademika di sini, atas peran sertanya untuk menyediakan sebuah tempat yang akan dipergunakan untuk pembangunan mental karakter para siswa-siswinya, sekaligus juga nanti akan berkontribusi bagi perkembangan Buddha Dhamma di sekitar wilayah Subang dan sekitarnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Supriyadi menambahkan, kita semua telah menyadari bahwa manusia yang unggul manusia yang berkarakter itulah yang kedepan akan diharapkan untuk dapat membangun dan menjaga keutuhan NKRI. Hal itulah seiring dengan nilai yang akan dibangun di SMA Plus Astha Hannas ini tentang revolusi mental.

“Kita semua tahu bahwa dalam hal kebijakan RPJMN, bahwa kita sebagai bagian untuk menyediakan dan mewujudkan generasi emas di masa mendatang" tegasnya.

Dirjen berharap semoga rumah ibadah ini bermanfaat dan kami juga minta ijin agar vihara ini dapat dipergunakan oleh umat sekitar dan itu sebagai bagian dalam menjaga dan melestarikan serta merawat dari rumah ibadah ini.

Sebelum acara peresmian, dilakukan upacara penyematan Bintang Astha Hannas dari Ketua Dewan Pembina Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia-Astha Hannas Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, S.H., M.H., M.S kepada Dirjen Bimas Buddha Pertama Irjen Pol. Purn. Drs. Budi Setiawan, M.Sc. dan Dirjen Bimas Buddha Supriyadi.

Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, S.H., M.H., M.S menyampaikan bahwa suatu pemberian Bintang kehormatan Astha Hannas kepada Bapak Drs. Supriyadi dan Bapak Irjen Pol. Purnawirawan Drs. Budi Setiawan adalah karena begitu sangat memberikan arti bagi saya dan Astha Hannas untuk dapat mengembangkan tempat ibadah bagi umat Buddha, dan beliau telah memberikan kontribusi yang sangat berharga bagi kami, bahkan menghadirkan Bhikkhu dan umat ke sekolah kami.

Perlu di ketahui bersama bahwa kampus Asta Hannas adalah sekolah yang berbasiskan landasan agama untuk bisa belajar ilmu agar bisa menjadi manusia yang profesional berwawasan nasional, membentuk sikap integritas dengan ajaran agamanya masing-masing, agar dapat memimpin masa depan Indonesia sebagai negara maju.

“Fungsi keberhasilan suatu pembangunan negara adalah kualitas sumber daya manusianya, dan untuk itu mendidik di tempat revolusi mental di kampus pembangunan karakter bangsa ini mudah-mudahan akan membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia, kemajuan meningkatkan iman taqwanya kepada Tuhan Yang Maha Esa" ungkapnya.

"Saya berharap kepada Pak Dirjen dan para Bhikkhu untuk kembali datang kesini, menengok dan dan mengajak umat sembahyang disini. Mari gunakan tempat ibadah ini untuk bersembahyang secara ikhlas" pungkasnya.

Doa pemberkahan peresmian vihara dilakukan oleh Bhikkhu Sudhasilo beserta anggota Bhikkhu Sangha lainnya dari Vihara Vipassana Graha Lembang Bandung yang dihadiri oleh sejumlah umat Buddha dari Kabupaten Pamanukan dan Purwakarta.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait