Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Peresmian Vihara Indonesia Bodhgaya di India Perkuat Hubungan Diplomatik Dua Negara

Jumat, 08 Desember 2023
Kategori : Berita

India (Bimas Buddha) -------- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Supriyadi hadiri peresmian Vihara Indonesia Bodhgaya bertempat di Jalan Sujata, Bypass Rd, Belsar, Bodhgaya, Bihar 824231, India pada Jumat (8/12/2023).

Supriyadi menyampaikan apresiasi dan atas Vihara Indonesia Bodhgaya yang aktif menjalin hubungan internasional dengan negara-negara lain.

"Tentunya kami dari Ditjen Bimas Buddha mengapresiasi peran Vihara Indonesia Bodhgaya yang aktif menjalin hubungan internasional dengan negara – negara lain seperti mempromosikan produk UMKM asal Indonesia berupa Buddha Rupang, batik, kopi, kipas dan souvenir lainnya, juga wisata religi Buddha di Indonesia khususnya Candi Borobudur, diharapkan dapat memperkuat hubungan Indonesia-India," sebut Dirjen. 

Kepala Vihara Indonesia Bodhgaya Y.M. Bhikkhu Dhammavuddho Thera menyampaikan "Sejak pertama kali Vihara Indonesia Bodhgaya selalu terbuka menyambut siapapun khususnya Bhikkhu Sangha, Rohaniwan maupun umat dari Indonesia yang ingin memperdalam praktek agama Buddha di tempat tercapainya pencerahan yakni Bodhgaya, India ini," jelas Bhikkhu.

Peresmian Vihara Indonesia Bodhgaya ini dihadiri 50 Bhikkhu Sangha perwakilan 35 Vihara dan 18 Negara se-dunia. Serta ratusan umat Buddha Indonesia yang berasal dari Jakarta dan Sumatera Utara turut memeriahkan peresmian Vihara Indonesia Bodhgaya ini.

Ketua Yayasan Bodhgaya Indonesian Temple Johan Gunawan mengatakan bahwa Vihara Indonesia Bodhgaya merupakan Vihara pertama dan satu-satunya Vihara yang dikelola oleh Warga Negara Indonesia di India, keberadaan Vihara Indonesia Bodhgaya telah menjadi sarana penunjang bagi umat Buddha seperti menjadi tempat menginap, melakukan praktik pelatihan pabbajja samanera sementara, tempat massa vassa Bhikkhu Sangha.

Sementara Senior Vice President Association of Buddhist Tour Operators (ABTO) Dr. (H.C.) Drs. Efendi Hansen yang juga Duta Wisata Spiritual Candi Borobudur ini menyambut baik keberadaan vihara. "Kami dari ABTO sangat menyambut baik keberadaan Vihara Indonesia Bodhgaya yang merupakan ladang subur untuk menanam jasa kebajikan bagi para umat yang melakukan Dhammayatra berziarah mengunjungi tempat - tempat suci agama Buddha di India," ungkapnya.

Selain menghadiri acara peresmian, para umat juga melakukan jasa kebajikan dengan melakukan Dhammayatra ke situs Mahavihara Nalanda tempat pernah berdirinya Universitas Buddhis Nalanda yang sangat mashyur serta ke Veluvana Arama.

Umat juga melakukan dana makan kepada 800 Bhikkhu Sangha yang tergabung dalam International Tipitaka Chanting di Mahabodhi Temple Bodhgaya.

Dalam kesempatannya rombongan dari Indonesia juga akan melakukan persembahan pelapisan emas di rupang utama Mahabodhi Temple Bodhgaya dipimpin oleh Ketua Dhammaduta Thailand untuk Indonesia Y.M. Bhikkhu Wongsin Labhiko Mahathera serta Y.M. Bhikkhu Kamsai Sumano Mahathera.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait