Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Mooncake Festival, Caliadi Berikan Penghargaan Kepada Bhiksu Hui Xiong

Rabu, 11 September 2019
Kategori : Berita
694

Kue Bulan atau dikenal moon cake sebagai salah satu tradisi yang rutin dirayakan dalam umat Buddha. Salah satunya Wihara Mahavira Graha Pusat yang rutin mengadakan malam Kesenian Mooncake Festival. Dirjen Bimas Buddha Caliadi mengapresiasi Mahanayaka ChaoKun Hui Xiong (Kepala Wihara) yang  melestarikan tradisi tersebut.

“Tidak lepas dari peran beliau buddhis terus berkembang. Dari pencerahannya selalu memberikan pemahaman kepada umat Buddha. Seperti pelestarikan tradisi,” ucap Caliadi saat memberikan sambutan pada acara tersebut, Jakarta (10/09).

Caliadi menyerahkan Tanda Penghargaan Sasanadhaja Dharma Adhyapaka Trimsati Warsa kepada Mahanayaka ChaoKun Hui Xiong atau Bhiksu Prajnavira Mahasthavira nama lainnya.

“Diharapkan penghargaan ini dapat dijadikan teladan bagi kita semua,” harap Caliadi terhadap penghargaan yang diberikan atas pengabdian kepada Buddha Dharma selama lebih dari 30 tahun dan dharma bhaktinya yang baik terhadap Negara dan Bangsa Indonesia.

Pada Kesempatan ini Bhiksu Hui Xiong, mengajak untuk memaknai tradisi dengan sesungguhnya.

“Dalam tradisi tidak lupa memberi hormat kepada orang tua. Sesama keluarga harus berkumpul saling memperbaiki, saling meminta maaf dan maaf memaafkan,” ucap Bhiksu.

Festival tersebut dimulai dengan persembahyangan bersama dalam tradisi Mahayana. Diisi dengan penampilan artis ibukota. Hadir Pula Cao Feng.

Hadir DR Eddie Kusuma., SH.,MH yang diberikan penghargaan serupa. Hadir pula Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Didi Sudiana, Pembimas Buddha DKI Jakarta Suwanto, beserta ribuan umat Buddha.


Sumber
:
Penulis
:
eddwin
Editor
:
eddwin

Berita Terkait