Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Menag: Pancasila dan Nilai-Nilai yang Dikandungnya Menjadi Bintang Memandu Kehidupan Bangsa

Sabtu, 01 Juni 2024
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha ) ---------- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Kementerian Agama Jl. Lapangan Banteng Barat Jakarta Pusat.

Menag menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, untuk tahun ini   mengangkat tema, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024.

Lebih lanjut Menteri Agama mengatakan “Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia,” sebutnya pada Sabtu (1/6/2024).

“Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” tambahnya.

Selanjutnya Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian.

“Hal tersebut dilakukan guna menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.” kata Menag.

Di akhir amanatnya Menag yang akrab di sapa Gusmen berpesan pada seluruh pihak untuk berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.” ujarnya.

Hadir dalam upacara yakni Sekretaris Jenderal, Staf Ahli dan Staf Khusus Menteri Agama, Pejabat Eselon I, Pejabat Eselon II serta pegawai di lingkungan Kementerian Agama.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait