Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Maju Festival 2023, Wujud Kontribusi Generasi Buddhis dalam Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Sabtu, 21 Oktober 2023
Kategori : Berita

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Supriyadi menghadiri pembukaan Maju Festival 2023 di Auditorium Gedung Prasadha Jinarakkhita, Jakarta Barat, pada Sabtu (21/10/2023).

Acara dimeriahkan dengan pertunjukan teater tari tentang nilai-nilai yang terukir di Candi Borobudur, kesenian gejog lesung, permainan musik gamelan, dan pameran budaya yang menampilkan 60-80 panel tentang jejak kejayaan nusantara sejak Batujaya hingga Borobudur yang didampingi oleh 150 Duta Budaya Nusantara.

Supriyadi mengatakan, koperasi tidak hanya menjadi sarana aktivitas untuk jual beli melainkan mendorong aktivitas untuk meningkatkan nilai gotong royong, kepedulian, dan sebagai kultur budaya.

“Dimana koperasi tidak hanya berkutat dengan aktivitas jual beli atau simpan pinjam semata namun telah menggunakan sistem nilai koperasi dalam beraktivitas, seperti nilai gotong royong, nilai kepedulian, dan seterusnya sebagai sebuah kultur budaya,” ujar Supriyadi.

Selain itu, sambung Dirjen, kegiatan ini menjadi motor untuk terciptanya generasi buddhis yang ikut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Menjadi motivasi dan spirit bagi komunitas buddhis lainnya untuk bergerak bersama berkontribusi dalam perekonomian indonesia,” ungkapnya.

Dirjen berharap kegiatan serupa nantinya dapat terlaksana kembali sebagai  wujud nyata dan kepedulian dalam mendukung generasi muda yang unggul, produktif, dan berdaya saing lewat penguasaan serta pemahaman terkait budaya.

“Dengan bekal penguasaan dan pemahaman atas budaya luhur bangsa menjadikan generasi muda memiliki pemahaman atas perkembangan peradaban masyarakat indonesia sehingga menciptakan kebanggaan atas jati dirinya sebagai bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Supriyadi juga mendorong Koperasi Maju untuk dapat memberikan edukasi pada para pelaku UMKM seputar sertifikasi halal.

“Ditjen Bimas Buddha mendorong koperasi maju selain memberikan edukasi dan advokasi dalam administrasi produk juga pentingnya pemahaman atas jaminan produk terkait halal. Selain itu juga menjalin kemitraan dalam hal pendampingan program pemberdayaan umat berbasis kelompok umat,” kata Dirjen.

Dalam kesempatan tersebut Dirjen memberikan plakat penghargaan kepada Duta Budaya Nusantara dan mendampingi Irjen Pol. Andry Wibowo dalam memukul gong sebagai tanda pembukaan Maju Festival 2023.

 


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait