Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Ketua Umum WALUBI Hartati Murdaya, Diangkat Sebagai Penasihat Internasional Center for Global Buddhism di Thailand

Kamis, 18 Juli 2024
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) -------- Ketua Umum WALUBI dan Pendiri/Ketua Dewan Pembina KCBI Ibu Dra. S. Hartati Murdaya dari Indonesia menerima pengangkatan sebagai Penasihat Internasional Center for Global Buddhism di Thailand yang didirikan Rajamangala University of Technology Krungthep, Bangkok, Thailand.

Dalam kesempatannya penerimaan Ketua Umum WALUBI diwakili oleh Prof. Idris Gautama So, S.E., S.Kom., M.M., M.B.A., Ph.D bertepatan dengan gelaran konferensi “International Conference on Global Buddhism: Transnational Connectivity and Adaptations” yang diikuti delegasi dari 7 negara antara lain: Indonesia, Thailand, Tiongkok, Malaysia, Sri Lanka, Kamboja, Myanmar pada Kamis (17/07/2024).

Adapun sejumlah tokoh Buddhis Internasional yang tergabung sebagai Penasihat Internasional Center for Global Buddhism antara lain:

1. Ketua Umum WALUBI/Pendiri dan Ketua Dewan Pembina KCBI Ibu Dra. S. Hartati Murdaya;

2. Member Sangharaja Thailand Most Venerable Somdet Phramahathirachan/Prasit Khemangkaro Suddhibanddhu;

3. President of Shandong Zhanshan Buddhist College Venerable Ben Wu/Heping Wang;

4. Mahasangharaja Dhammayutika Kamboja His Holiness Samdech Preah Abhisiri Sugandha;

5. President Phaung Daw Oo International University Mandalay, Myanmar Venerable U Nayaka;

6. Vice Chancellor Eurasian Campus, Sri Lanka Venerable Delthara Gnanananda.

Hadir sebagai delegasi dari Indonesia yakni Prof. Idris Gautama So, S.E., S.Kom., M.M., M.B.A., Ph.D; Dr. Li Edirama Wijayaputra, M.Pd. dan Eric Fernardo, S.I.P., M.Si.

Ketua Dewan Pakar DPP KCBI Prof. Idris Gautama So, S.E., S.Kom., M.M., M.B.A., Ph.D dalam konferensi ini memaparkan penelitiannya berjudul “Buddhism in Indonesia: Global Contributions of the Past and Today’s Challenges”.

Sementara itu Ketua/Rektor Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya Tangerang Banten Dr. Li Edirama Wijayaputra, M.Pd. mempresentasikan penelitian berjudul “Buddhism in Indonesia: Its Cultural and Linguistic Embodiments in the Context of Majority Muslim Country”.

“Hanya ada satu (1) orang mewakili tiap negaranya yang menjadi Penasihat Internasional di Center for Global Buddhism ini, kami melihat kontribusi dan peran yang telah dilakukan Ibu Hartati Murdaya dalam mengembangkan Buddha Dharma di Indonesia misalnya terlihat dalam penyelenggaraan kegiatan Waisak di Candi Borobudur selama 30 tahun ini. Ibu Hartati Murdaya adalah tokoh Buddhis Indonesia yang paling ideal menjadi penasihat internasional di Center for Global Buddhism ini,” ungkap pendiri Center for Global Buddhism yang juga Director Institute of Science Innovation and Culture Rajamangala University of Technology Krungthep, Bangkok, Thailand Prof. Dr. Yaoping Liu.


Sumber
:
Humas Walubi
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait