Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

MoU Ditandatangani Umat Buddha Gelar Puja Bakti

Senin, 14 Februari 2022
Kategori : Berita

Dalam mewujudkan rasa syukur atas penandatangan MoU Pemanfaatan Candi Prambanan dan Candi Borobudur Untuk Kepentingan Agama Umat Hindu dan Buddha Indonesia dan Dunia, Umat Buddha Yogyakarta lakukan puja bakti, Jumat (11/01/2022).

Pelaksanaan puja bakti bertempat di Candi Sewu digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Banthe Badra Palo menyampaikan umat Buddha menyambut gembira. Kesepakatan ini menjadi kabar yang baik dan menggembirakan. Kini, umat Buddha dari segala penjuru dapat menjadikan candi tidak hanya sebagai wisata tapi juga tempat latihan spiritual untuk membangun kebahagiaan sepenuhnya.

Banthe mengajak umat untuk merawat candi Buddha sebagai tempat latihan spiritual dan membangun peradaban masyarakat yang saling bersinergi.

"Sinergi benar-benar menguatkan umat Buddha di seluruh penjuru. Mari bersama gunakan Candi Buddha ini untuk latih diri dan spiritual demi berkembangnya Buddha, Sangha, dan Dharma di nusantara," pesannya.

Pembimas Buddha Provinsi Yogyakarta Saryono menuturkan Candi Sewu dan Candi Prambanan cermin kerukunan. 

"Candi Sewu dan Candi Prambanan cermin kerukunan umat sejak masa silam. Ini bagian potret moderasi beragama sejak dahulu. Meski berbeda agama, semua bisa berdampingan," ujarnya.

Menurutnya, posisi Candi Sewu (tempat ibadah umat Buddha) berada di komplek Candi Prambanan (tempat ibadah umat Hindu). Keduanya, kini sudah dapat digunakan sebagai tempat ibadah, tambahnya.

Saryono menambahkan puja bakti ini pada hari ini diikuti para penyuluh agama Buddha, guru agama Buddha, serta siswa Dhammasekha dari Kab Gunung Kidul.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait