Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Dirjen Bimas Buddha Sambut dan Lepas 40 Bhikkhu Peserta Thudong dari TMII ke Candi Borobudur

Selasa, 14 Mei 2024
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) --------- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Supriyadi menyambut dan melepas keberangkatan 40 bhikkhu peserta Thudong dari Thailand untuk menuju Candi Borobudur, Selasa (14/5/2024).

Supriyadi mengatakan pihaknya telah menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan menteri BUMN melalui InJourney dalam penyelenggaraan penyambutan Bhikkhu peserta Thudong.

“Kami dari Ditjen Bimas Buddha terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan menteri BUMN melalui InJourney, sehingga terselenggaralah hari ini untuk yang kedua kalinya dilaksanakan penyambutan Thudong secara bersama-sama di Gedung Sasono Adiguno TMII,” ungkap Dirjen.

“Hari ini kita menyaksikan kehadiran para Bhikkhu yang akan melaksanakan perjalanan spiritual Thudong untuk yang kedua kalinya,” sambung Supriyadi.

Dirjen berharap para Bhikkhu diberikan kesehatan selama menjalankan ritual Thudong ke Candi Borobudur.

“Selamat menunaikan tugas para Bhante, semoga sehat dalam perjalanan dan sampai tujuan dengan selamat,” harap Dirjen.

Sebagai informasi, tahun lalu prosesi penyambutan dan pelepasan para Bhikkhu peserta Thudong diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat.

Prosesi penyambutan dimulai dari pengambilan lentera di Anjungan Yogyakarta dalam kompleks TMII, seremoni doa lintas agama, walking meditation (meditasi sambil berjalan kaki), dan larung lentera di Danau Archipelago.

Sebelum pelepasan keberangkatan, para Bhikkhu mengunjungi Vihara Arya Dwipa Arama yang terletak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Nantinya, 40 Bhikkhu akan memulai perjalanan Thudong dari TMII menuju Taman Wisata Candi Borobudur yang ada di Magelang untuk merayakan Hari Tri Suci Waisak ke 2568 BE/2024.

Hadir dalam acara diantaranya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis PT TWC Hetty Herawati, Kasubdit Kelembagaan Karsan, Duta Besar Thailand untuk Indonesia, Wakil dari Humas Polri, para Bhikkhu Sangha, dan perwakilan dari Walubi serta Permabudhi.


Sumber
:
Tim Humas
Penulis
:
A Wardiyanto
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait