Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Waisak di Kawasan Candi Batu Jaya, Umat Buddha Diingatkan Majjhima-Patipada

Senin, 17 Juni 2019
Kategori : Berita
1383

Umat Buddha menggelar Peringatan Trisuci Waisak 2563 BE di Kawasan Candi Batu Jaya, Karawang. Di hadapan ribuan umat Buddha yang hadir, Direktur Urusan dan Pendidikan Buddha Supriyadi berpesan tentang pentingnya moderasi beragama dan mengingatkan tentang 'Majjhima-Patiada'. 

“Setiap memperingati hari-hari besar agama penting ditumbuhkembangkan bagaimana mengerti makna dan tujuan hari suci, jangan terjebak rutinitas”, ucap Supriyadi membacakan sambutan Dirjen Bimas Buddha.

Menurut Supriyadi hal ini penting, mengingat agama itu bertolak dari pemikiran bagaimana manusia dapat menerapkan prinsip-prinsip kebajikan dalam kehidupan sehari-hari.

Seiring dengan hal tersebut, Supriyadi mengingatkan moderasi beragama yang menurutnya penting untuk diteguhkan agar agama tidak di bawa kepada pemahaman yang ekstrim.

“Agama harus dibawa menjadi sumber nilai yang moderat”, ucap Supriyadi menghubungkannya dengan Majjhima Patipada, Jalan Tengah Bodhisatva.

Moderasi beragama lanjut Supriyadi dapat menjadi jawaban dalam Menjaga Kebersamaan Umat dalam Memperkokoh NKRI.

Dihadapan umat Buddha dari Jawa Barat dan sekitarnya Supriyadi mengatakan menampilkan sosok yang moderat lebih mahal ketimbang menampilkan citra yang indah dipandang dan memukau masyaraka

“Mari kita meneladani kepemimpinan Sidharta Gotama hidup sederhana demi kebahagiaan dan kemuliaan semua makhluk,” jelas Supriyadi.

Diakhir sambutan Supriyadi menekankan agar dapat menjadikan "Kasih Sayang" dan "Cinta  Kasih Tiada Batas" sebagai bentuk karakter Umat Buddha di Indonesia.

Peringatan Waisak ini diawali dengan Ritual Puja Bakti dan diakhiri dengan penyampaian Pesan Dhamma oleh YM Bhiksu Dhammavimala Mahasatvira.

Pada Ritual Puja diawali dengan persembahyangan di Candi Jiwa, lalu prosesi  menuju Candi Blandongan, dilanjutkan ritual dan seremonial di Candi Blandongan. Keduanya candi tersebut adalah bagian dari kawasan Candi Bantar Jaya.

Hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kankemenag  Kab. Karawang, Camat Batu Jaya.

 


Sumber
:
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait