Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Umat Buddha Blitar Teguhkan Kebersamaan dan Persatuan dalam Perayaan Maha Puja Waisak 2568 BE/2024

Kamis, 13 Juni 2024
Kategori : Berita

Blitar (Bimas Buddha) ------ Rabu sore (12/6/2024), umat Buddha Blitar menggelar Maha Puja Waisak 2568 BE/2024 di Gedung Aula Kampung Coklat, Kademangan, Blitar. Dihadiri oleh sekitar 1200 orang yang berasal dari wilayah Blitar, Tulungagung, Kediri, Malang, hingga Surabaya, acara berlangsung semarak.

Dirjen Bimas Buddha Supriyadi dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur, bahagia, dan bangga dapat hadir dalam rangka merayakan Waisak bersama umat Buddha Blitar pada tahun ini.

“Saya sangat bersyukur, bahagia, dan bangga,” tutur Supriyadi.

Jumlah umat Buddha di Blitar kurang lebih 7000 orang. Menurutnya, jika jumlah tersebut bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan, maka tentu akan bisa terbentuk  satu wadah yang mempersatukan umat Buddha.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut Supriyadi juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Blitar Rini Syarifah yang telah memberikan perhatian kepada umat Buddha. Dirinya juga berharap agar sosok penerus kepemimpinan di Kabupaten Blitar nanti dapat melanjutkan segala prestasi serta kebajikan yang telah dilakukan ditorehkan oleh Bupati saat ini.

Melalui momentum perayaan Waisak Dirjen mengingatkan kembali bahwa Guru Agung Buddha Gautama mengajarkan umat Buddha untuk dapat menemukan pencerahan dan kebaikan agar kebahagiaan sejati dapat diraih.

“Dalam hal ini, manakala kita tidak mampu menempatkan diri sebagai manusia yang baik, tentu kita tidak mampu menerima segala persoalan yang kita hadapi,” ungkapnya.

Dirjen berharap bahwa perayaan Waisak tidak hanya dimaknai sebagai rutinitas yang dilaksanakan setiap tahun, namun setidaknya memberikan perkembangan batin serta kemajuan dalam diri. Ia mengajak umat Buddha di Blitar untuk tidak segan dan ragu untuk menunjukkan dirinya sebagai warga negara yang baik, dan sebagai umat yang baik.

“Lakukan tugas sebagai umat beragama dengan meningkatkan religiusitasnya. Lakukan tugas sebagai warga negara dengan mengembangkan spiritualitasnya,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Tri Suci Waisak bagi umat Buddha di Kabupaten Blitar. Ia berharap semoga perayaan Waisak terus menebarkan ketenteraman, kebahagiaan, kedamaian, dan gotong royong, bukan saja bagi umat Buddha namun bagi seluruh masyarakat Kabupaten Blitar.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat atas kerukunan dan ketenteraman yang sudah dibangun bersama. Disampaikannya, bahwa dari perayaan-perayaan Waisak ia melihat kondisi “guyup rukun”, tenteram, dan damai yang luar biasa pada diri  umat Buddha.

“Demikian Bapak Ibu, mudah-mudahan peringatan Tri Suci  Waisak ini berjalan dengan sukses, aman, dan lancar. Semoga tahun depan kita bisa hadir di sini Kembali,” tutupnya mengakhiri sambutan.


Sumber
:
Tim Humas
Penulis
:
A Wardiyanto
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait