Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Mahanitiloka Dhamma 2021, STABN Sriwijaya Boyong Piala Bergilir

Jumat, 23 April 2021
Kategori : Berita
420

Banten (Humas Buddha) ---- Pelaksanaan Mahanitiloka Dhamma Tingkat Nasional Tahun 2021 yang dilaksanakan selama lima hari dari tanggal  19 s.d 23 April 2021 secara virtual. Pada kesempatan acara penutupan kegiatan ratusan mahasiswa dan mahasiswi Buddhis dari PTAB se-Indonesia mengikuti dengan penuh semangat, (23/04).

Mahanitiloka Dhamma merupakan suatu pertemuan, penampilan kebolehan dan ketangkasan dalam Dhamma bagi masyarakat kampus. Dalam kegiatan tersebut digelar perlombaan, dan Talk Show yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan pada generasi muda Buddhis.

Lima (5) kategori yang bersifat ilmiah dalam perlombaan Mahanitiloka Dhamma tahun ini. Kelima kategori yang diperlombakan yakni Bidang Penelitian (PKM-P),  Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M), Bidang Kewirausahaan (PKM-K), Bidang Karya Cipta Media Pembelajaran maupun media ceramah (PKM-KC), Bidang  Kajian Tripitaka (PKM-KT).

Dalam kesempatan acara penutupan Kegiatan Kegiatan Mahanitiloka Dhamma Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha (Caliadi) mengajak kepada seluruh Pimpinan PTKB agar terus aktif para mahasiswanya untuk lebih aktif lagi dalam melakukan Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Saya mengajak kepada seluruh Pimpinan PTKB agar terus aktif mendorong para mahasiswanya untuk lebih aktif lagi dalam melakukan PKM. Perlu disadari bahwa disamping sebagai ajang kompetisi kreativitas dan daya inovasi mahasiswa, Kegiatan Mahanitiloka Dhamma juga dapat dijadikan ajang silahturahmi bagi seluruh mahasiswa agar dapat saling mengenal lebih jauh lagi antar mahasiswa Buddhis pada PTKB se-Indonesia” Ucapnya.

Lebih lanjut Caliadi berpesan bahwa yang menang jangan menunjukan rasa sombong dan yang kalah jangan berputus asa, karena masih banyak kesempatan untuk meraih kemenangan dalam berkompetisi.

“Dalam setiap kompetisi kalah dan menang merupakan hal yang biasa. Bagi yang menang jangan menunjukan rasa sombong dan yang kalah jangan berputus asa, karena masih banyak kesempatan untuk meraih kemenangan dalam berkompetisi” pesanya.

Secara langsung  Dirjen juga mengucapkan selamat kepada para pemenang “saya ucapkan selamat kepada yang menang, dan kepada yang belum menang, tetaplah bersemangat untuk mengasah kreativitas dan daya inovasi Saudara, Yang memang hendaknya tetap rendah hati dan jangan cepat merasa puas dengan prestasi yang telah raih saat ini. Ingatlah, bahwa tantangan lebih berat masih menanti kalian di hari esok, oleh karena itu tetaplah berkreasi dan berinovasi, teruslah berlatih dan janganlah pernah berhenti untuk mengembangkan diri kalian” tambahnya.

Dalam ajang penampilan kebolehan dan ketangkasan para peserta yang lolos menjadi juara dari tiap-tiap kategori memperoleh penghargaan berupa piala, dana pembinaan dan piagam penghargaan. Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Nomor 70 Tahun 2021 tentang Juara Umum Mahanitiloka Dhamma Tingkat Nasional yaitu Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya. Dan berhak memboyong piala bergilir dari Menteri Agama RI.

Hadir dalam acara penutupan kegiatan Mahanitiloka Dhamma Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha, Ketua Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri dan Swasta, Dosen pendamping dan mahasiswa mahasiswi se-Indonesia.


Sumber
:
Humas dan Sisfo
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait