Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Sippa Dhamma Samajja VIII/2021 Secara Virtual

Selasa, 22 Juni 2021
Kategori : Berita
142

Pekanbaru (Humas Buddha) --------- Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Reublik Indonesia  laksanakan kegiatan Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII/2021 secara luring dan daring, Selasa (22/06).

Dalam sambutannya Ketua Panitia Kegiatan (Caliadi) menyampaikan  syukur dan kebahagiaan yang tak terhingga bagi kita semua atas berkah kesehatan yang kita peroleh sehingga acara pembukaan Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021, dan bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa.

“Merupakan kebahagiaan yang tak terhingga bagi kita semua atas berkah kesehatan yang kita peroleh sehingga pada hari ini kita dapat hadir di tempat ini dalam acara pembukaan Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021. Karenanya sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa, Triratna, Para Buddha, Boddhisatva, yang telah melimpahkan berkah dan perlindungan bagi kita semua” Ucapnya.

Pelaksanaan Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Nomor 153 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional VIII Tahun 2021. Dengan pelaksanaan  di secara daring dan luring tetap mematuhi protokol kesehatan.  

Tahun ini pelaksanaan  Sippa Dhamma Samajja  mengusung tema “Modena” Moderat dan Nasionalis. Hal ini untuk mendorong siswa siswi agama Buddha agar mampu menjadi warga Negara yang harmonis, hidup saling berdampingan, mampu menghargai setiap perbedaan, dan memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dalam membangun kekuatan bangsa.

Kegiatan yang dilaksanakan  tanggal 22 s.d 25 Juni 2021 bertujuan untuk mewujudkan siswa siswi agama Buddha yang cerdas, unggul, berkarakter, moderat dan nasionalisme, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai sarana untuk meningkatkan potensi dan peran para siswa siswi buddha melalui unjuk kreativitas, keterampilan, kemahiran dan keahlian dalam Dhamma.

Adapun jenis yang diperlombakan tahun ini yaitu lomba bidang  Dhamma Gita (Menyanyi Lagu Rohani Buddha),  Putra dan Putri, Dhammavijja (Cerdas Cermat), Dhamma Vikata (Cerita Bergambar), Dhammapada (Membaca Syair), Dhammakatha (Pidato Buddhis), Dhammakkhayika (Bercerita Buddhis),  diikuti oleh siswa siswi tingkat SD, SMP dan SMA/K yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi.  Yang dilakukan secara daring, dengan merebutkan piala bergilir dari Menteri Agama.

Pembukaan Sippa Dhamma Samajja dihadiri oleh Sekretaris Daerah  Provinsi Riau, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha, Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau,  FKUB Provinsi Riau, Pebimas Buddha Seluruh Indonesia, Tokoh Majelis dan Tokoh Agama pada wilayah Kota Pekan Baru.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait