Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Menag Dukung Borobudur Jadi Tempat Peribadatan Umat Buddha Indonesia dan Dunia

Kamis, 20 Juli 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) --------- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Rapat pimpinan membahas persiapan Rakornas Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang rencana akan diselenggarakan pada Jumat 21 Juli 2023 di  Magelang Jawa Tengah

Menag mengatakan Kementerian Agama mendukung kawasan Borobudur menjadi destinasi pariwisata prioritas sekaligus menjadi tempat peribadatan umat Buddha Indonesia dan dunia.

Hal ini menurut Gus Men sesuai arahan Presiden Joko Widodo, selain menjadi destinasi super prioritas, Borobudur juga diusulkan menjadi tempat wisata religi dan peribadatan umat Buddha dunia.

"Ini sudah kita usulkan saat rapat bersama Presiden bagaimana Borobudur selain menjadi destinasi super prioritas juga menjadi tempat peribadatan umat Buddha Indonesia dan dunia," jelas Menag pada Kamis (20/7/2023).

Borobudur saat ini masuk dalam lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia yang menjadi fokus untuk dikembangkan pemerintah sesuai instruksi Presiden Joko Widodo bersama destinasi pariwista lain, diantaranya Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

"Di Asia Tenggara, jumlah umat Buddha mencapai 60 juta jiwa dan Borobudur menjadi potensi tempat peribadatan yang luar biasa kalau bisa kita tata dan kelola dengan baik. Apalagi kedekatan Indonesia secara geografis dengan negara di Asia Tenggara tentunya ini sangat luar biasa," sambungnya.

Rapat yang digelar di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat ini dihadiri Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Dirjen Bimas Buddha Supriyadi, para Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri Agama.

Hasil rapat nantinya akan disampaikan dalam Rakor Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang akan dipimpin Menko Marves di Magelang.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait