Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Ke Bengkulu Plt. Dirjen Buka Kegiatan, Kunjungi Rumah Ibadah, Pusdiklat serta Dhammasekha

Minggu, 24 April 2022
Kategori : Berita

Dalam upaya melakukan pelayanan kepada umat, Plt. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Nyoman Suriadarma lakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan kunjungannya Plt. Dirjen membuka Kegiatan Pemberdayaan Rumah Ibadah Agama Buddha yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melalui Pembimas Buddha, Minggu (24/04/2022).

Nyoman mengapresiasi pelaksanaan kegiatan dan kebersamaan serta keharmonisan umat Buddha di Bengkulu.

“Tentu kebersamaan dan keharmonisan ini menjadi modal penting untuk mewujudkan cita cita besar Menteri Agama yaitu Moderasi Beragama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Plt. Dirjen menambahkan pengurus harus mampu memahami kepribadian seseorang atau karakter umatnya.

“Sebagai pengurus vihara jangan mudah tersinggung, karena pengurus vihara ibarat menjadi orang tua di rumah, maka pengurus vihara harus berlapang dada dalam bekerja, ibarat ibu dan ayah mengurus anak anaknya," imbuhnya.

Kegiatan dengan mengusung tema "Mewujudkan Rumah Ibadah Agama Buddha yang Tertib Administrasi serta Efektif dalam Pembinaan Umat Buddha" diikuti oleh 40 orang pengurus lembaga & rumah ibadah agama Buddha se-Provinsi Bengkulu.

Pembimas Buddha Provinsi Bengkulu Warlan, sekaligus mewakili Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, menyampaikan pentingnya pendataan dan pendaftaran  rumah ibadah agama Buddha dalam rangka tertib adminstrasi dan mengamankan aset rumah ibadah itu sendiri.

Didampingi tokoh agama dan Ketua Majelis serta Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Plt. Dirjen juga Kunjungi, Dhammasekha Patria, Rumah Ibadah  dan pembangunan Pusdiklat.

Kunjungan ke Dhamasekha Patria Dharma, Jl. Kolonel Berlian Kota Bengkulu,  kepada pengurus Nyoman menyampaikan pentingnya pendidikan budi pekerti untuk merubah perilaku menjadi anak yang mandiri, berbudi dan berbakti kepada orang tua.

Di Vihara Buddhayana, Plt. Dirjen melihat latihan secara langsung puja persembahan untuk persiapan Perayaan Waisak, yang dilaksanakan oleh Sekolah Minggu Buddhis.

Kunjungan dilanjutkan ke lokasi pembangunan Pusdiklat Buddhis Bodhi Manggala Kel. Surabaya, Kec. Sungai Serut, Kota Bengkulu,  Nyoman disambut H. Imam Syafii pemilik Padepokan Nur Al Islam Bengkulu dan Kiswanto Ketua RT setempat.

Kepada Plt. Dirjen, tokoh agama dan tokoh masyarakat (Ketua RT) menyampaikan dukungannya pada pendirian Pusdiklat Bodhi Manggala.

"Kita Indonesia, kita Bhineka Tunggal Ika, kita memang  beragam", jelasnya.

Masih dalam agenda kunjungan kerjanya Plt. Dirjen juga mengunjungi  Kelenteng Air Suci, Jln. Lingkar Barat Kota Bengkulu.

Sebelumnya hari Sabtu tanggal 23 April 2022 Nyoman kunjungi  pembangunan Vihara Rukun Maitreya, di Jl. Hibrida Raya Kota Bengkulu dan menyampaikan apresiasi kepada umat Buddha Maitreya Bengkulu yang bersemangat  membangun vihara megah dengan biaya yang tidak sedikit, jelasnya.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait