Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Supriyadi: Ditjen Bimas Buddha Support 100% Pelatihan Pabbajja Samanera Sementara 2022

Senin, 26 Desember 2022
Kategori : Berita

Magelang (Humas Buddha) ------------- Pelaksanaan Pelatihan Pabbajja Samanera Sementara tahun 2022 secara resmi di tutup oleh Dirjen Bimas Buddha, Senin (26/12/2022).  

Supriyadi menyampaikan Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama, memberikan support 100% atas kegiatan Pelatihan Pabbajja Samanera Sementara yang diprakarsai oleh MBMI.

“Kami dari Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada MBMI yang telah turut mensukseskan dan turut mewujudkan nota kesepahaman empat Menteri dua gubernur dalam rangka memanfaatkan Candi Borobudur sebagai pusat ziarah wisata religi agama sekaligus kunjungan wisata,” ungkap Supriyadi.

Menurutnya program melatih diri Pabbajja Samanera Sementara merupakan bagian dari pendidikan non-formal keagamaan Buddha, lewat program latih diri Pabbajja Samanera inilah dibentuk dan dilatihkan karakter-karakter manusia unggul sebagai partisipasi umat Buddha dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang produktif, mandiri, dan cerdas.

Kepada peserta Pabbajja Samanera Supriyadi berharap semoga segala pengetahuan, segala perilaku, yang telah tertanamkan selama mengikuti proses latih diri Pabbajja Samanera ini menjadi jati diri bagi para samanera nanti setelah menjadi uppasakha dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga karakter yang tertanamkan dalam dirinya selama menjalankan 8 sila tidak akan ditinggalkan setelah nanti melepaskan jubah sebagai pertanda kembali menjadi uppasakha. Karena karakter itu menjadi jati diri kita, sebagai umat Buddha dan sebagai bangsa Indonesia,” tandas Dirjen.

Sebelumnya semua peserta mengikuti rangkaian acara diawali dari potong rambut, pindapatta, meditasi, candle light (penyalaan lentera penerangan), pembacaan paritta (chanting) mendengarkan dhamma, pradaksina dan melakukan Tudong (Prosesi Dutanga) dari Candi Mendut, Candi Pawon dan Candi Borobudur.

Pelaksanaan pelatihan dari tanggal 15 s.d 26 Desember 2022 dan diikuti oleh 500 peserta dari dalam dan luar negeri menjadikan salah satu kegiatan keagamaan dan daya tarik serta nilai positif dalam melatih generasi muda Buddhis dalam mengembangan ajaran Buddha.

Dalam kesempatan Dirjen Bimas Buddha menyerahkan piagam penghargaan bagi pemenang lomba Fotografi dengan tema “Pabbaja Samanera Sementara Tahun 2022” kepada perwakilan pemenang lomba Juara I, II, II harapan I, II, II serta favorite I dan II, III  yang sebelumnya di sediakan oleh Panitia penyelenggara.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait