Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

DKI Jakarta Sabet Juara Umum Swayamvara Tripitaka Gatha ke-XI

Minggu, 05 November 2023
Kategori : Berita

MAGELANG - Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih juara umum Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) ke-XI yang berlangsung di Kota Magelang. Dengan raihan  ini, kontingen DKI Jakarta berhak memboyong Piala Bergilir Presiden Republik Indonesia.

Kemenangan DKI Jakarta tertuang dalam  Surat Keputusan Ketua Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha Nomor: 082/LPTGN/SK/XI/2023 tanggal 4 November 2023. Sementara penyerahan piala bergilir tersebut dilakukan pada acara penutupan STG ke-XI di Kota Magelang, Sabtu (4/11/2023) malam. Piala diserahkan oleh Dirjen Bimas Buddha Supriyadi kepada perwakilan kontingen Provinsi DKI Jakarta.

Supriyadi juga menyampaikan selamat kepada para pemenang yang telah berhasil meraih juara. Bagi yang belum menang, dirinya berharap dapat lebih meningkatkan kemampuannya agar pada penyelenggaraan STG ke depan dapat meraih prestasi yang lebih gemilang.

“Kepada seluruh peserta saya berpesan kita datang ke sini memang untuk sebuah sayembara, tetapi jangan lupakan tentang persahabatan, siapapun yang kemarin dihadapi dalam perlombaan bukanya musuh yang harus dihabisi tetapi mungkin akan menjadi sahabat di masa depan untuk berkolaborasi,” jelasnya.

Supriyadi mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pelaksanaan STG ke-XI dapat terlaksana dengan tertib, baik, lancar dan sukses.

Supriyadi menambahkan, Swayamvara Tripitaka Gatha terus akan dilaksanakan secara berkesinambungan di waktu mendatang. Sebab STG adalah ajang strategis bagi umat Buddha untuk meningkatkan kualitas penghayatan agama.

Menurutnya ada satu hal yang membanggakan dalam penyelenggaraan STG ke-XI. Yakni meski umat Buddha di Tanah Air jumlahnya kecil  namum tetap mampu melaksanakan kegiatan yang berskala nasional.

“Kita patut bersyukur dan bangga bahwa agama telah mampu menjadi katup pengaman dalam proses pembangunan bangsa kita di mana lewat pendekatan agama segala sesuatu persoalan bangsa yang sangat sulit akan dapat diselesaikan dengan baik dan damai. Nilai luhur agama telah mampu menjadi jiwa dari setiap langkah pembangunan bangsa namun demikian agama sebagai katup pengaman akan senantiasa dihadapkan sebagai tantangan sebagai pembinaan spiritual," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Supriyadi juga menyampaikan tiga pesan kepada para kontingen. Pertama pembinaan mental spiritual harus benar benar sampai pada kedalaman ajaran tidak hanya pada bentuk doktrinasi apalagi dijadikan sebagai dalih pembenaran sebagai bentuk untuk mencapai tujuan tertentu.

“Kita akan menghadapi masa-masa peralihan kepemimpinan karenanya pada seluruh umat Buddha, Saya berharap keyakinan yang kita miliki jangan untuk disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak baik,” harap Dirjen.

Kedua, lanjut Supriyadi, para pemuka diharapkan terus konsisten dan konsekuen dengan jabatan terhormat yang disandangnya agar tidak mengurangi sikap keteladanan yang melekat pada jabatan tersebut. Ketiga,   Dirjen berharap agar semuanya dapat mengaktualisasikan pembinaan keagamaan seiring dengan perkembangan zaman utamanya bagi generasi muda yang penuh dinamika dan senang kepada hal hal yang baru. (*)

Berikut perolehan juara Provinsi DKI Jakarta pada Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) ke-XI:

1.         Juara II lomba Dhammapada

2.         Harapan III lomba Baca Paritta

3.         Juara I lomba Baca Suttra/Mattra/Darani

4.         Juara II lomba Baca Keng

5.         Juara harapan III lomba Dhamma Desana Bahasa Indonesia

6.         Juara 1 Lomba Dhama Dssana Bahasa Mandarin

7.         Harapan II lomba Seni Kaligrafi Buddhis

8.         Juara Harapan II lomba menyanyi Solo

9.         Juara I lomba Paduan Suara

10.       Juara Harapan I lomba Cipta Tari Kreasi Buddhis

11.       Juara harapan III lomba Bercerita Buddhis

12.       Juara Harapan III lomba Cipta Boga Vegetarian


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait