Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Umat Buddha Adakan Napak Tilas Waisak di Situs Sriwijaya Kota Kapur

Minggu, 16 Juni 2019
Kategori : Berita
1725

Umat Buddha Kep.Bangka Belitung menutup Rangkaian Peringatan Tri Suci Waisak 2563 B.E dengan melakukan Napak Tilas dan Perenungan Waisak di Candi III Kota Kapur. Pada Kesempatan ini diadakan 3 Acara sekaligus yaitu perenungan Waisak, fansen, napak tilas.

"Ini merupakan bentuk pengaplikasian terhadap Ajaran Buddha", ucap Pembimas Buddha Prov. Babel saat memberikan sambutannya.

Dikatakannya fangsen adalah mengajarkan cinta Kasih kepada semua makhluk, napak tilas  mengandung rasa bakti kepada leluhur.

Menurut Wisnu renungan Waisak dimaksudkan melatih kesadaran umat melalui samadhi/meditasi singkat atas peringatan 3 peristiwa Agung yang sekaligus memaknai semangat juang seorang Sidharta melewati pertapaan panjang hingga meraih penerangan sempurna (Bodhi) yang kita kenali sebagai Dharma.

"Perenungan terhadap keteladanan beliau menempuh kehidupan sederhana sebagai seorang pertapa sepanjang sisa hidupnya menyebarkan kebenaran mulia", jelas Wisnu lebih lanjut.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Desa, dan Camat setempat, Staf Khusus Bupati, serta ratusan umat Buddha.

Rangkaian Acara Sebelumnya

Acara ini merupakan rangkaian acara yang sebelumnya dimulai Ada Pengambilan dan Pensakralan Api dan Air Suci pada 13 Mei lalu.

Lebih dari 1000 umat Buddha berkumpul di Vihara Satya Dharma/Pusdiklat Dapunta hyang Pangkalpinang untuk mengikuti rangkaian acara ini. Adapun makna dari Api dan Air suci ini adalah Api melambangkan Penerangan dan Air Melambangkan Kesucian.  
 
Setelah kirab pengambilan Api dan Air Suci yang diambil dari dua tempat Bukit Fat Hin San Sungailiat untuk pengambilan Air Suci dan Klenteng Fut Tet Che Pangkalpinang untuk Api Suci, dilanjutkan dengan Dharmasanti Waisak dan Ngedulang.
 
Untuk kegiatan kali ini selain dari kota pangkalpinang, hadir juga umat buddha dari  berbagai plosok diantaranya, dari Koba simpang katis Pangkalan baru Bangka Tengah, Kundi, Jebus, Bakik  Bangka Barat, sungailiat, Deniyang, lumut, Kuto Panji Belinyu Kab. bangka, yang jaraknya cukup jauh pun hadir untuk mengikuti kegiatan ini.


Sumber
:
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait