Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Seperangkat Gamelan untuk Umat Buddha Kabupaten Jayapura

Rabu, 03 Mei 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ---------------- Dalam upaya mendukung pelestarian budaya melalui Gamelan Ditjen Bimas Buddha salurkan Seperangkat Gamelan Kepada umat Buddha di Kabupaten Jayapura Provinsi Papua.

Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Papua Jumari melalui sambungan telephone pada Minggu tanggal 30/04/2024 mengatakan hari ini bantuan gamelan telah tiba di Jayapura tepatnya di Vihara Sinar Dharma Kecamatan Nimbrongkang Kabupaten Jayapura.

“Hari ini Minggu bantuan seperangkat selendro telah sampai di Kabupaten Jayapura dan siap untuk digunakan” jelas Jumari.

Jumari menambahkan nantinya gamelan ini akan ditempatkan pada vihara Sinar Dharma Kecamatan Nimbrongkang dalam mendukung pelestarian budaya melalui seni gamelan.

Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Nyoman Suriadarama menyampaikan bantuan seperangkat gamelan untuk mendukung pelestarian budaya di Provinsi Papua pada umumnya dan Kabupaten Jayapura pada khususnya.

“Ditjen Bimas Buddha melalui Subdit Pendidikan Dasar dan Menengah telah memprogramkan bantuan gamelan pada beberapa daerah yang memang berpotensi untuk pengembangan budaya melalui seni gamelan,” sebutnya.

Menurutnya bantuan seperangkat gamelan selendro kepada umat Buddha di Kabupaten Jayapura merupakan program bantuan tahun anggaran 2023.

Nyoman berharap bantuan gamelan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan menjadi motivasi umat Buddha dalam pengembangan Buddha Dharma serta mendukung pelestarian budaya melalui gamelan.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait