Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Ratusan Umat Buddha Ikuti Magha Puja Harmony dan Blessing di Tahun Naga Kayu

Selasa, 19 Maret 2024
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) -------- Dalam mendukung pembangunan Vihara Bangka Dhammaram Perkumpulan Sangha Theravada Dhammayut Indonesia selenggarakan kegiatan Magha Puja Harmony dan Blessing di Tahun Naga Kayu.

Kegiatan pada Minggu (17/03/2024) bertempat di JIExpo Kemayoran, dan dihadiri oleh lebih dari 700 umat Buddha dilakukan Blessing oleh lebih dari 50 Bhikkhu Sangha dan berlangsung dengan khidmat

Acara dilakukan pembacaan sertifikat 7 Bhikkhu yang menerima kenaikan pangkat di Thailand beberapa waktu lalu yakni YM. Bhikkhu Wongsin Labhiko MT, YM.Bhikkhu Chatchawan Itthivijjo MT, YM.Bhikkhu Kamsai Sumano MT., YM.Bhikkhu Maha Wirat Khemacari MT, YM.Bhikkhu Nu Hajjatejo MT,YM. Bhikkhu Seree Yutto MT,  YM. Bhikkhu Weerasin Khantiko MT.

Dalam kesempatan Dhammadesana diberikan oleh Lungpho Phrarachsumeti Kraichumphon dalam Bahasa Thailand dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Y.M. Bhikkhu Wongsin Labhiko Mahathera yang menerangkan kebahagiaan Lungpho atas kemajuan perkembangan agama Buddha di Indonesia yang ditandai dengan semakin banyak rumah ibadat agama Buddha di Indonesia.

Para Lungpho yang hadir antara lain Yang Mulia Lungpho Phrarachsumeti Kraichumphon yang telah menjalani 63 masa vassa, Yang Mulia Lungpho Kanha Kanthadhammo yang telah menjalani 62 masa vassa, Yang Mulia Lungpho Sombat Inthavangso yang telah menjalani 51 masa vassa, Yang Mulia Lungpho Waen Thayaluko yang telah menjalani 50 masa vassa, Yang Mulia Lungpho Nirot yang telah menjalani 54 masa vassa, Yang Mulia Lungpho Han yang telah menjalani 50 masa vassa, Yang Mulia Bhante Phraprayong yang telah menjalani 39 masa vassa serta Bhikkhu Sangha lainnya.

Ratusan peserta melakukan Sangha Dana secara langsung baik itu berupa jubah hingga obat-obatan. Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka penggalangan dana pembangunan Vihara Bangka Dhammaram. Para donatur menyambut gembira kesempatan menanam karma baik di ladang yang subur ini. Sekitar 10 rupang Buddha antik yang telah diblessing oleh para Lungpho di Thailand dilelang, hasil dana tersebut akan digunakan demi kepentingan pembangunan Uposatha Dhammasala di Vihara Bangka Dhammaram.

Hadir dalam acara ini Ketua Panitia Aditya Kiki, Ketua Perkumpulan Sangha Theravada Dhammayut Indonesia/Ketua Umum DPP Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia Y.M.Bhikkhu Dhammavudo Thera, Sekretaris Ditjen Bimas Buddha Triroso, Pembimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wisnu Widiyanto, Ketua Yayasan Vihara Bangka Dhammaram Ibu Tuti dan tamu undangan lainnya.


Sumber
:
Humas Walubi
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait