Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Pimpin Upacara HUT RI Ke-78 Menag Ajak Merawat Harmoni dan Kerukunan Umat

Kamis, 17 Agustus 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ---------- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 di halaman kantor Kementerian Agama Jakarta Pusat, pada Kamis (17/08/2023).

Menteri Agama menyampaikan kita semua berdiri di sini, dalam upacara peringatan HUT Republik Indonesia.

“Ini adalah bagian dari cara kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah kemerdekaan yang saat ini dirasakan bersama. Ini juga menjadi cara kita berterima kasih kepada para pendahulu yang telah mengukir jasa bagi terbebasnya Indonesia dari cengekraman penjajah hingga bangsa ini berdaulat dan berdikari. Untuk itu, menjadi kewajiban kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kinerja terbaik agar dapat terus melaju menuju Indonesia Maju,” jelas Menag.

Lebih lanjut Menag mengatakan 78 tahun perjalanan kemerdekaan telah mengantarkan kita pada kemajuan masa kini. Presiden Joko Widodo saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD mengatakan bahwa Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045, meraih posisi jadi lima besar kekuatan ekonomi dunia.

“Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa bonus demografi akan mencapai puncak di tahun 2030an, dan itu menjadi peluang besar Indonesia meraih Indonesia Emas 2045. Sebab, 68% adalah penduduk usia produktif, dan itu menjadi kunci peningkatan produktivitas nasional kita,” lanjutnya

Menurutnya sebagai kementerian yang mengemban fungsi pendidikan, maka menjadi tugas Kementerian Agama untuk mampu meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia. Prestasi para siswa madrasah dan sekolah agama yang telah diraih harus memotivasi kita semua untuk berbuat lebih dalam mempersiapkan penduduk usia produktif yang kompeten menyongsong masa depan dan persaingan global. Berdasarkan International Institute for Management Development (IMD), daya saing Indonesia di 2022 naik dari rangking 44 menjadi 34, sebuah kenaikan yang sangat signifikan, tertinggi di dunia, dan ini tentu tidak lepas dari peran guru dan dosen binaan Kementerian Agama.

“Internasional trust yang dimiliki Indonesia saat ini, juga harus dijaga. Sebagai kementerian yang bertanggung jawab dalam merawat harmoni dan kerukunan umat, Kementerian Agama harus berada pada garda terdepan dalam menguatkan semangat toleransi dan koeksistensi untuk bisa hidup bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika. Kita bersyukur Indeks Kerukunan Umat Beragama terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, ikhtiar membumikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Moderasi Beragama harus terus diintensifkan demi terus tumbuhnya komitmen kebangsaan, toleransi, sikap anti kekerasan, dan penghormatan atas budaya dan tradisi,” pesan Gus Men.

Menag mengingatkan menyongong tahun politik. ASN Kementerian Agama harus mampu menjadi perekat di tengah perbedaan pilihan masyarakat. Jangan sampai beda pilihan menjadi sebab perpecahan dan mengoyak jalinan silaturahim, persaudaraan, dan persatuan anak bangsa. ASN Kementerian Agama harus mampu mewarnai suasana agar Pemilu berlangsung dalam suasana gembira layaknya sebuah pesta yang kita sebut sebagai Pesta Demokrasi.

Dalam kesempatannya Menag juga menyampaikan ucapan terima kasih para tokoh agama, ulama, tokoh masyarakat dan pemimpin budaya dan para guru serta budayawan dalam mengantarkan Indonesia pada kemajuan saat ini.

Menteri Agama mengajak untuk bersama-sama mendoakan para pejuang dan pendiri bangsa.

“Mari kita doakan bersama para pejuang dan pendiri bangsa. Di atas darah, keringat, dan semangat juang mereka, negeri ini merdeka dan merajut asa untuk terus meraih kemajuannya. Kita doakan semoga para pejuang bangsa mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” sebutnya.

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 Kementerian Agama dirangkai dengan penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada pegawai dilingkungan Kementerian Agama.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait