Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Pantau Perayaan Cap Go Meh Pembimas Buddha Pastikan Kondisi Aman

Kamis, 21 Februari 2019
Kategori : Berita
288

Palangka Raya (bimasbuddha) Pembimas Buddha Partiyem di dampingi Penyuluh agama Buddha Kota  Palangkaraya Supriyono memantau perayaan Cap Go Meh  yaitu acara penutupan perayaan tahun baru Imlek 2570/2019 di Vihara Avalokitesvara Jl. Tjilik Riwut Km. 09. Palangka Raya. 

Pantauan di lokasi, puluhan umat Buddha Palangka Raya lebih memilih perayaan Cap Go  Meh dengan sederhana dan berdoa/puja bhakti untuk kedamaian dan kebahagiaan sepanjang tahun khususnya menjelang pesta demokrasi  bulan April mendatang yang dirangkai dengan bercengkrama sambil makan lontong Cap Go Meh.

Pembimas Buddha Partiyem mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mewarisi tradisi dan budaya leluhur dari tahun ke tahun. Tradisi dan budaya harus kita kembangkan dan pelihara karena sangat identik dengan Buddha Dharma.

"Tanpa kita sadari malam hari ini kita mendapatkan 3 berkah sekaligus yaitu : 

(1) malam penutupan perayaan tahun baru imlek dengan kebahagiaan dan suka cita, (2) malam purnama Uposatha adalah saat yang tepat bagi umat Buddha melakukan pengendalian diri dari hal yang tidak baik, (3)Magha Puja adalah  peristiwa penting Buddha Gotama saat mengajarkan prinsip ajaran Ovadha Patimokka  " janganlah berbuat jahat, berbuatlah kebajikan, sucikan hati dan pikiran, itulah ajaran BuddhaLogout

Untuk itu marilah kita ters melakukan kebajikan dan memaknai Cap Go Meh menjadi ajang pemersatu saling memahami, menghormati intern umat Buddha maupun umat agama lain.

Perayaan Cap Go Meh yang berlangsung pada Selasa (19/2) di Vihara Avalokitesvara dijamin aman. Hal tersebut diungkapkan Kapolresta Palangka Raya  AKBP RK Timbul Siregar saat hadir bersama  jajarannya.

“Saya jamin aman lah Bu,” saat berbincang-bincang dengan Pembimas usai acara Puja Bhakti mengenai pengamanan perayaan Cap Go Meh di Palangka Raya.

Ia juga mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan satuan tim pengamanan, yang sudah dibentuk dan diposkan pada titik tertentu.

Dengan ini Pembimas merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Kapolres beserta jajaran hingga saat ini agenda Cap Go Meh di Kota Palangka Raya berjalan dengan lancar dan aman, tanpa ada gangguan apapun.

 


Sumber
:
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait