Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Mengingat Alm.Wayan Suarjaya yang Ingatkan Waisak Kepada Keluarganya

Selasa, 14 Mei 2019
Kategori : Berita
1708

Kabar duka datang di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia, telah berpulang Prof. Dr. Drs I Wayan Suarjaya, M.Si pada tanggal 7 Mei 2019. Almarhum merupakan mantan Dirjen Bimas Hindu dan Buddha keenam Kementerian Agama Republik Indonesia (Tahun 2000 s.d. 2006). Terakhir Wayan adalah Guru Besar IHDN (Institut Hindu Dharma Negeri) Denpasar. 

Sebagai bentuk penghormatan terakhir, Kabag Perencanaan dan Sistem Informasi Ditjen Bimas Buddha Albert Kumala melayat di kampung halaman mendiang, di Banjar Asah, Desa Serongga, Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. 

Keluarga yang ditinggalkan menyambut baik kedatangan dari perwakilan Dirjen Bimas Buddha, dan mengucapkan banyak terimakasih atas perhatiannya.

Meski Wayan beragama Hindu, ada yang menarik saat dalam kunjungan tersebut. Istri almarhum, Dr. Dra. Ni Wayan Silawati, MM mengatakan seminggu sebelum meninggal beliau sempat menanyakan kapan hari raya waisak tiba.

“Almarhum menghimbau pihak keluarga agar tidak melupakan perayaan waisak,” ucap widyaiswara ahli utama Balai Diklat Keagamaan Denpasar ini.

Ucapan bela sungkawa datang dari berbagai kalangan. Tampak karangan bunga terpajang di sepanjang jalan menuju rumah duka. Termasuk kunjungan bersama Pembimas dan Penyelenggara Buddha se-Kabupaten/Kota Provinsi Bali melayat.

Rangkaian upacara keagamaan mendiang dilanjutkan dengan acara ngeringkes (persiapan upacara ngaben) yang dilaksanakan pada hari Sabtu 11 Mei 2019. Kemudian dilanjutkan dengan upacara ngaben ngelanus yang dilaksanakan pada Hari Minggu 12 Mei 2019 oleh pihak keluarga.

AMOR RING ACINTYA

SABBE SANKHARA ANICCA

Semoga almarhum terlahir di alam yang berbahagia, dan keuarga yang ditinggalkan tabah melepas kepergian beliau.


Sumber
:
Penulis
:
budiyono
Editor
:
budiyono

Berita Terkait