Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Ditjen Bimas Buddha Selenggarakan Bintek Penerapan Aplikasi Srikandi

Senin, 18 September 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ----------- Dalam mendukung Program Kearsipan pada instansi Pemerintah Ditjen Bimas Buddha selenggarakan Bimbingan Teknis Nasional Penerapan Aplikasi Srikandi.

Pelaksanaan Bimbingan Teknis secara daring dan luring dengan melibatkan Satuan Kerja Unit Eselon 1, Sekolah Tinggi Keagamaan Budha Negeri, Pembimas Buddha pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kasi dan Penyelenggara Buddha pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Sekretaris Ditjen Bimas Buddha, Triroso dalam kesempatan membuka acara menyampaikan kita akan terus secara masif melakukan percepatan program tujuh prioritas Kementerian Agama diantaranya transformasi digital dan pengembangan pelayanan di seluruh Indonesia melului Pusaka.

“Kita akan mengelola tata persuratan yang memang di kelola oleh ANRI da kita akan menggunakan tata persuratan sistem dinamis melalui Srikandi ini,” jelas Triroso pada Senin (18/09/2023).

Sesditjen menambahkan bahwa Ditjen Bimas Buddha telah menggunakan Aplikasi Srikandi mulai dari tahun 2022 dan sangat mempermudah proses tata persuratan.

Dengan Srikandi atau Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) kita laksanakan dengan baik akan membantu menghemat kertas dan mendukung ramah lingkungan dan secara kinerja lanjut Triroso akan lebih gampang karena itu mobile tidak terpaku pada kertas, kemanapun saya pergi dapat menuntaskan pekerjaan, dimana saja kita bisa melaksanakan pekerjaan tidak terbatas waktu dan ruang.

Sementara Azwar Sanusi dari Arsip Nasional Republik Indonesia menyampaikan Srikandi merupakan Aplikasi berbasis cloud dan disimpan di Pusat Data Nasional sehingga arsip persuratan bisa cepat, mudah dan aman, dan proses pembuatan, pengiriman naskah dinas antar instansi dapat dilakukan secara elektronik.

Azwar Sanusi menambahkan bahwa dengan adanya Aplikasi Srikandi akan mengubah pola kerja kita dan Aplikasi Srikandi tidak hanya untuk surat menyurat, tetapi juga untuk kearsipan artinya proses bisnis kearsipan secara dinamis ada semua di Srikandi.

Dalam aplikasi Srikandi lanjut Azwar Sanusi penerapan Indikator  Dimensi yakni Dimensi Teknologi terdiri dari kualitas informasi dan kualitas sistem, Dimensi Organisasi yaitu dukungan pimpinan dan fasilitasi penerapan serta Demensi SDM meliputi pelatihan penggunaan, kepecayaan individu dan penerimaan pengguna.

Selanjutnya alat dukung yang dibutuhkan dalam menunjang Aplikasi Srikandi yakni jaringan telekomunikasi, server, computer klien, sistem keamanan dan suprastrukturnya yaitu kelembagaan, ketataksanaan, pelaksana dan Norma Standar Prosesdur Kreteria (NSPK).


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait