Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Hadiri Temu Karya Nasional Nyoman: Ada Sebuah Kebangkitan Pemuda Buddhist yang Luar Biasa.

Rabu, 28 Desember 2022
Kategori : Berita

Jawa Timur (Humas Buddha) -------------- Direktur Urusan dan Pendidikan (Dirurpendik) Agama Buddha Nyoman Suriadarma menyampaikan bahwa dari khazanah nasional, sekarang ada sebuah kebangkitan pemuda Buddhist yang sangat luar biasa.

Hal tersebut dikatakan Nyoman saat hadiri Sarasehan dan Temu Karya Nasional (STKN) 2022 Sekber PMVBI (Pemuda Buddhayana) di Maha Vihara Mojopahit - Mojokerto, Rabu (28/12/2022).

“Selain kegiatan STKN ini ada beberapa kegiatan kepemudaan yang telah diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Buddha diantaranya Yobbana Dhamma Samajja dan Pabbaja Samanera Sementara” jelasnya.

Menurut Nyoman ada dua point penting dalam pertemuan yang sangat berharga ini yakni STKN  harus menampilkan sebuah kreatifitas, motivasi dan skill, kemudian sarasehan ini untuk menjaring konektivitas keterhubungan antar satu orang dengan yang lainnya.

“Kegiatan STKN mau tidak mau menampilkan sebuah kreatifitas, motivasi dan skill yang sangat dalam dan mumpuni. Karena setiap kehadiran teman-teman dari semua provinsi pasti menampilkan yang terbaik. Ada 10 kegiatan sarasehan yang dilombakan dari tingkat provinsi dan nasional,” sebutnya,

Kemudian lanjut Nyoman kegiatan ini merupakan ajang pertemuan sarasehan atau temu karya nasional ini, disamping untuk menjaring konektivitas keterhubungan antar satu orang dengan yang lainnya sebagai sahabat terbaik, juga untuk mempertemukan dua sejoli yang kelak tidak berpindah ke tempat lain.

Dirurpendik nerharap kedepan, kegiatan semacam ini dapat dikembangkan dari aspek Dharmaduta untuk melahirkan penceramah/dharmaduta tingkat nasional yang cukup mumpuni.

“Saya sangat bangga dan bahagia melihat kegiatan ini dan kedepan parade bergandengan tangan (defile) dengan masing-masing ciri khas nasional. Itulah keindonesiaan kita sebagai generasi muda Indonesia. Harus keindonesiaan kita dinomor satukan” pungkas Nyoman.

Gubenur Jawa Timur yang di wakili oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Darwah Provinsi Jatim Imam Hidayat memberikan apresiasi positif atas penyelenggaraan STKN Pemuda Buddhayana Nasional yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali.

Imam berharap semoga kegiatan ini mampu mengembangkan keterampilan hidup dalam bahasa cinta sebagai wahana yang efektif dalam memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama kepada generasi muda.

Hadir dalam acara STKN Tahun 2022 Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Ketua umum DPP Sangha Agung Indonesia yang diwakili YM. Bhadra Satyani Stavira, Kepala Maha Vihara Mahapahit YM. Viriyanadi Mahathera bersama anggota Sangha lainnya, Ketua Umum Pengurus Pusat Sekber Yabudhi yang diwakili Irwan Pontoh, Ketua Umum DPP Majelis Buddhayana Indonesia Amin Untario, Ketua Umum DPP Wulan Bahagia yang diwakili Ong Paramita, Ketua Umum DPP Wanita Buddhis Indonesia yang diwakili Jaswiati Tan, Sekjen Sekber PMVBI Sidhi Agustiana Taniman, Ketua Lumbini Budy Budiman, Ketua Yayasan DPM Jatim Ong Pendopo, Ketua Panitia STKN 2022 Farida Ferdina dan tamu undangan lainnya serta 443 peserta dari 23 Provinsi.  


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait