Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Dirjen: Pejabat Harus Aktif Membangun Sinergitas antar Lintas Sektor

Jumat, 05 Mei 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ----------- Dirjen Bimas Buddha Supriyadi melantik Suwanto sebagai Kepala Bagian Keuangan dan Umum, pada Jumat (05/05/2023).

Dirjen mengatakan para pejabat harus aktif membangun sinergitas antar lintas sektor sehingga apa yang kita hadapi dengan keterbatasan yang kita miliki akan dapat kita atasi dengan sebaik-baiknya,

“Seiring dengan perkembangan era revolusi industri dimana perspektif pejabat harus mulai berubah dan bergeser selaras dengan perubahan-perubahan yang terjadi di berbagai bidang,” jelas Dirjen.

Supriyadi menambahkan bahwa revolusi industri 4.0 tidak hanya semakin memberdayakan pemanfaatan teknologi informasi yang ada, tetapi secara bersamaan juga mempengaruhi para pekerja dan pola kerja dari para pekerjanya itu sendiri.

“Perspektif sistem berfikir dan koneksi masing-masing akan berubah sesuai dengan keadaan yang ada. Di era inilah inovasi dan kelincahan menjadi dua hal penting yang harus kita cermati dan kita ikuti dengan sebaik-baiknya. Untuk menghindari adanya disrupsi di dunia pemerintahan, perlu dibangun sinergi antara satu bagian dengan bagian yang lainnya dan jika memungkinkan harus dapat dilakukan antar satker maupun antar instansi,” jelasnya.

Bahwa aparat pemerintah lanjut Supriyadi sudah seharusnya menguasai teknologi, seiring dengan perkembangan zaman mengikuti tuntutan dan perubahan yang ada, dan tetap harus turun langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Mau tidak mau seorang pejabat sebagai pamong praja mau mendengar, mengamati fenomena yang terjadi dan tanggap dalam melaksanakan tugasnya.

“Selain itu para pejabat harus aktif membangun sinergitas antar lintas sektor sehingga apa yang kita hadapi dengan keterbatasan yang kita miliki akan dapat kita atasi dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Kepada pejabat Kabag Keuangan dan Umum yang dilantik, Dirjen berpesan agar saudara senantiasa :

  1. segera melakukan langkah-langkah upaya-upaya terkait dengan tugas dan beban dalam hal pengelolaan anggaran dimana saudara harus mampu merencanakan, dan juga mampu melaksanakan, serta mampu melakukan pengawasan di dalamnya.
  2. Penatausahaan keuangan dapat dilakukan secara efektif, efisien dan akuntabel.
  3. Mampu dalam hal ketentuan-ketentuan terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah karena hal itu akan terus menjadi aktivitas yang menghiasi pekerjaan saudara sehari-hari.
  4. Mampu menerjemahkan kebijakan internal yang digariskan oleh pimpinan baik secara langsung dari atasannya maupun dari satuan kerja ataupun dari pimpinan institusi dimana kita bekerja.
  5. Mampu menerjemahkan dan merumuskan suatu sistem pengawasan internal sebagai bentuk akuntabilitas atas seluruh proses bisnis yang kita jalankan sehingga seluruh aktifitas itu dapat terdokumentasi dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku.
  6. Memiliki kemampuan manajerial.
  7. Mampu berkomunikasi dalam rangka menerjemahkan seluruh tugas yang berada dalam tugas saudara.

Dirjen berharap semoga terus menjaga integritas, jadilah orang yang dapat dipercaya, dan mampu melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Pelantikan dan pengukuhan dilakukan secara luring di Kantor Ditjen Bimas Buddha Jl. M.H. Thamrin No 6, Lt 16, Jakarta Pusat. Hadir sebagai saksi yakni Sekretaris Ditjen Bimas Buddha Triroso dan Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Nyoman Suriadarma.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait