Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Dirjen Bimas Buddha lakukan Audiensi dengan Taoist Association of China

Jumat, 01 Desember 2023
Kategori : Berita

China (Bimas Buddha) -------- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Supriyadi bersama dengan Pimpinan Tridharma Indonesia lakukan audiensi dengan Taoist Association of China pada Kamis (30/11/2023).

Supriyadi menyampaikan bahwa umat Tao merupakan bagian dari umat Tridharma, yang mendapatkan layanan di Ditjen Bimas Buddha.

“Melalui kerjasama yang dijalin dengan Taoist Association of China, kami terus memberikan bimbingan agar umat Tao dapat terus berkembang. Semoga kerjasama yang telah dibangun dapat terus terjalin dengan baik,” tambah Supriyadi.

Dalam kesempatan ini, Presiden Taoist Association of China, Master Li Guangfu menyampaikan apreasinya kepada Dirjen Bimas Buddha yang telah hadir pada upacara Luotian Dajiao (28/11). Dengan hubungan yang sudah dibangun 10 tahun lebih bersama Perkumpulan Umat Tridharma Indonesia, Master Li Guangfu berharap dapat jalin kerjasama yang baik untuk pengembangan Tao di Indonesia.

Pimpinan Tridharma Indonesia, David, menyampaikan keinginannya agar umat Tao dibawah naungan Tridharma dapat terus berkembang baik dari segi budaya, olahraga dan kesehatan, sehingga perlu untuk selalu melakukan studi kepada Taoist Association of China.

Mencermati hal tersebut, Wakil Presiden Taoist Association of China, Master Meng Zhiling menyampaikan bahwa seluruh budaya di Tiongkok berakar dari “Tao”.

Dalam banyak peradaban Tionghoa, seluruhnya memiliki 1 keyakinan yaitu Tao. Tao memberikan petunjuk kepada manusia mengenai kehidupan yang seharusnya dijalani oleh manusia supaya selaras dengan cara bekerja alam semesta ini.

Lebih lanjut Wakil Presiden Taoist Association of China, Master Zhang Gaocheng dan Master Meng Zhiling menyampaikan terdapat 11 akademi Tao di China yang setara Strata 1. Materi pendidikan pada akademi tersebut mencakup ilmu dasar pelatihan diri untuk menjadi Taoist, Magical Spiritual, Psikologi Taoisme, Kesehatan, dan lainnya.

Melalui pertemuan ini Supriyadi berharap adanya tindak lanjut untuk perkembangan Tao di Indonesia. “Berkaitan dengan Ilmu Tao bisa dibentuk suatu akademisi sendiri, atau menjadi bagian kurikulum pada STAB. Jika sudah ada standar kurikulum dari China, maka dapat kami pelajari untuk nantinya disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia.”

Taoist Association of China menyambut baik upaya perkembangan budaya Tao di Indonesia, dengan memberikan dukungan melalui kurikulum dan pengajaran.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus Taoist Association of China, yaitu:

1. Master Li Guangfu, Presiden Taoist Association of China.

2. Master Meng Zhiling, Wakil Presiden Taoist Association of China.

3. Master Zhang Gaocheng, Wakil Presiden Taoist Association of China.

4. Mr. Li Hanying, Sekretaris Jenderal Taoist Association of China.

5. Ms. Feng He, Direktur Departemen Internasional Taoist Association of China.

6. Master Zhang Xingfa, Wakil Direktur Departemen Pengajaran dan Penelitian Taoist Association of China.

7. Ms. Zhao Xiaoyang, Staf Departemen Internasional Taoist Association of China.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait