Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Dirjen Bimas Buddha bersama Walikota Hadiri Sanghadana

Sabtu, 15 Oktober 2022
Kategori : Berita

Surabaya (Bimas Buddha) ---------- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Supriyadi dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi hadiri Sanghadana, Jum'at (14/10).

Dirjen mengatakan bahwa dirinya bangga dan takjub kepada para pemuda buddhis di Jawa Timur, terkhusus yang tergabung dalam Young Buddhist Association.

“Hari ini telah menunjukkan karya sangat monumental dimana teman-teman muda mampu menterjemahkan kegiatan keagamaan yang tidak hanya bersifat ritual dalam rumah ibadah semata, namun mampu membawa ke ranah yang lebih luas lagi,” ungkapnya.

Menurutnya hal itu menunjukkan bahwa praktik-praktik keagamaan telah dikenalkan kepada masyarakat luas. Melalui cara tersebut masyarakat akan mempunyai pemahaman bahwa ada tradisi-tradisi baik yang dilakukan oleh umat Buddha di tanah air khususnya Kota Surabaya dan Jawa Timur.

Dirjen juga menyebut bahwa Surabaya telah mendapatkan pengakuan sebagai provinsi terbaik dalam hal penanganan deteksi dini atas problem sosial.

Supriyadi menambahkan bahwa pada masa yang akan datang acara dapat digelar lebih luas lagi. Lebih lanjut Supriyadi mengungkapkan rasa takjub terkait pencapaian muda mudi yang telah mampu mempertemukan tradisi (majelis) dalam agama Buddha di Indonesia.

Dirjen berharap bahwa moderasi beragama kiranya dapat diterapkan oleh masyarakat atas dasar kemanusiaan dan kemaslahatan bersama dengan berpegang pada prinsip adil dan berimbang.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Surabaya adalah kota yang penuh toleransi. Menurutnya hal itu terwujud dari doa semua agama.

“Karena toleransi dan saling menghormati seluruh agama, maka sampai hari ini Kota Surabaya penuh berkah dari Tuhan Yang Maha Esa,” jelasnya.

Wali Kota menambahkan bahwa hari ini para bhikkhu mendoakan Kota Surabaya. Semoga acara malam ini membuka mata hati kita bahwa jika ada yang mengatakan lain agama adalah lawan kita, itu salah besar.

Eri juga berharap bahwa Surabaya akan terus menjadi kota yang nyaman untuk ibadah semua agama. Surabaya adalah kota pahlawan yang pada saat ini merupakan hasil dari perjuangan dan jasa para pejuang dengan masing-masing agama serta keyakinannya kala itu.

Acara Sanghadana dan rangkaian Mindful Festival 2022 menghadirkan anggota Sangha dari Sangha Theravada Indonesia dan Sangha Agung Indonesia.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait