Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Dirjen Ajak Umat Buddha Tanamkan Semangat Keberanian, Keadilan, dan Kebijaksanaan

Sabtu, 02 Desember 2023
Kategori : Berita

Sungailiat (Bimas Buddha) ------------ Mewakili Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, Dirjen Bimas Buddha Supriyadi hadiri acara Peresmian Patung Kwan Kong di Kelenteng Kwan Tie Miaw, Sungailiat, Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, pada Sabtu (2/11/2023).

Melalui sambutannya, Dirjen menyampaikan bahwa rupang Kwan Kong memiliki makna sebagai representasi dari dewa perang dan keberanian dalam kepercayaan Taoisme. Orang sering memuja Kwan Kong untuk perlindungan dan keberanian dalam menghadapi tantangan. Rupang ini sering dihormati sebagai simbol keadilan, keberanian, dan kebijaksanaan.

Dari perjuangan Kwan Kong, manusia saat ini dapat mengambil semangat keberanian, keadilan, dan kebijaksanaan, sebagai simbol yang mewakili keberanian untuk menghadapi rintangan, keadilan dalam tindakan, dan kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan.

“Semangat ini dapat menginspirasi manusia untuk menghadapi tantangan hidup dengan tekad, menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, dan membuat keputusan yang bijaksana dalam perjalanan hidup yang dijalani,” tutur Dirjen.

“Tantangan hidup sebagai manusia saat ini sangat bervariasi tergantung pada konteks individu dan masyarakat. Beberapa tantangan umum melibatkan tekanan ekonomi, perubahan lingkungan, kesehatan mental, ketidaksetaraan, dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi,” sambung Dirjen Bimas Buddha Supriyadi.

Oleh karenanya, penting bagi setiap orang untuk mencari solusi yang bijaksana, mendukung satu sama lain, dan berkembang dalam menghadapi dinamika kompleks tersebut.

Dirjen menilai bahwa secara keseluruhan, kombinasi sifat keberanian, keadilan, serta kebijaksanaan menciptakan fondasi moral yang kuat, memperkaya kualitas hidup, dan membantu membangun masyarakat yang lebih baik.

Supriyadi juga menambahkan, sebagaimana yang telah Buddha ajarkan bahwa menjadi manusia yang berani, adil, serta bijaksana, tersirat dari nilai-nilai ajaran panna, sila, virya, mindfulness, dan metta.

Hadir dalam acara tersebut yakni Ketua Umum Gemabudhi yang juga Sekjen Permabudhi Bambang Patijaya, Pembimas Buddha Wisnu Widiyanto, Kakankemenag Kabupaten Bangka Senaidi, serta pengurus Yayasan Dharma Bhakti Abadi.

Setelah sebelumnya telah dilakukan acara ritual pemberkahan oleh anggota Sangha, seremonial diakhiri dengan pemberian paket sembako kepada warga di kawasan sekitar Kelenteng Kwan Tie Miaw Sungailiat.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait