Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Bhante Panna: Indonesia Tipitaka Chanting Merupakan Rangkaian Ibadah Umat Buddha dalam Merayakan Asalha Mahapuja

Sabtu, 13 Juli 2024
Kategori : Berita

Magelang (Bimas Buddha) --------- Bhante Sri Pannavaro Mahathera menyampaikan bahwa Indonesia Tipitaka Chanting (ITC) merupakan rangkaian Ibadah Umat Buddha dalam merayakan hari raya Asalha Mahapuja, setiap tahun menjelang purnama di bulan Ashada, yang jatuh pada bulan Juli.

Lebih lanjut Bhante menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini, sudah berjalan sejak 2015/2016. Agar kitab suci tidak hanya sekedar kitab yang disucikan, diagungkan, baik jarang atau sering di baca, namun belum tentu bisa difahami maknanya.

“Kami mengundang umat Buddha dari seluruh Indonesia untuk membaca bagian tertentu dari Tripitaka. Tentu kita tidak bisa membaca sampai habis karena banyaknya isi Sutta,” kata Bhante Sri Pannavaro Mahathera disela-sela pelaksanaan Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja 2568/2024, di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/7/2024).

Bhante menambahkan Pembacaan Tipitaka ini dilakukan, agar umat Buddha tidak tenggelam dalam nikmatnya dunia. Oleh karena itu, makna kitab suci harus dijelaskan dengan bahasa masyarakat, agar dapat lebih dimengerti. Supaya tidak silau dengan kenikmatan dunia. Karena ada kehidupan yang lebih hakiki,” jelas Bhante Sri Pannavaro Mahathera.

Bhante Sri Pannavaro Mahathera juga menyampaikan bahwa dengan memahami makna dari kitab suci Buddha kiranya dapat mengubah sikap mental umat agar menjadi lebih baik. Pembacaan kitab suci ini akan diakhiri dengan hari suci Asalha atau Asadha.

“Perayaan Asalha sering disebut kotbah Guru Agung Sidharta Gaotama. Yang disampaikan adalah penderitaan dan lenyapnya penderitaan, itulah hakikatnya ajaran Buddha,” terang Bhante Sri Pannavaro Mahathera.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait