Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

STABN Sriwijaya dan DPD KCBI Banten Gelar Ritual Persembahyangan Cheng Beng

Sabtu, 06 April 2024
Kategori : Berita

Tangerang (Bimas Buddha) ------- Dewan Pengurus Daerah Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI) Banten bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sriwijaya BSD Tangerang selenggarakan Ritual Persembahyangan Cheng Beng.

Acara yang berlangsung pada hari Sabtu (06/04/2024) di STABN Sriwijaya BSD Tangerang Banten telah berhasil menyatukan komunitas Buddhis di wilayah Banten dalam momen yang penuh makna ini.

Upacara diikuti oleh ratusan umat Buddha dari berbagai kalangan, Ketua DPD KCBI Banten Yuriani menyampaikan, "Kami merasa terhormat dapat menjadi bagian dari upacara ini, yang tidak hanya merupakan penghormatan terhadap leluhur kita, tetapi juga mempererat tali persaudaraan di antara komunitas Buddhis di Banten,” jelasnya.

Ketua STABN Sriwijaya Edirama Wijaya Putra mengatakan "Kami percaya bahwa melalui kegiatan seperti ini, kita dapat memupuk semangat solidaritas dan kebersamaan di antara umat Buddha, serta meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai kultural, edukasi, spiritual yang mendasari agama Buddha," sebut Ketua.

Y.M. Bhiksu Manggala Sasana Mahasthavira/Suhu Xue An, Ketua Dewan Rohaniawan DPD KCBI Banten menjelaskan bahwa pelaksanaan ritual ini bukan hanya sebagai penghormatan kepada leluhur, tetapi juga sebagai ungkapan rasa syukur dan penghargaan atas anugerah hidup yang kita nikmati hari ini.

Hal senada disampaikan pelaksana Harian DPP KCBI Eric Fernardo menyatakan harapannya bahwa acara semacam ini akan terus menjadi titik temu bagi komunitas Buddhis di Banten, memperkuat persatuan, dan menginspirasi kita semua untuk hidup dalam kedamaian dan harmoni.

Menurutnya ritual persembahyangan Cheng Beng tidak hanya merupakan acara tradisional, tetapi juga momentum untuk menguatkan ikatan antarumat Buddha dan meningkatkan kesadaran spiritual dalam kehidupan sehari-hari.


Sumber
:
Humas Walubi
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait