Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Ribuan Umat Buddha Mengikuti Peringatan Waisak di Candi Sewu dan Candi Sojiwan

Senin, 05 Juni 2023
Kategori : Berita

Magelang (Bimas Buddha) --------- Peringatan Waisak 2567 BE / 2023 tidak hanya di Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Ribuan umat Buddha juga melakukan peringatan detik-detik Waisak di Candi Sewu dan Candi Sojiwan Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Di Cadi Sewu Pelaksanaan peringatan waisak diawali dengan prosesi sarana puja dan pradaksina mengelilingi Candi sebanyak tiga kali yang diikuti ribuan oleh umat Buddha dari Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dan wilayah lainnya.

Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Nyoman Suriadarma menyampaikan bagaimana kita hidup damai mulai dari keluarga, vihara dan organisasi dan saat ini kita saling mengucapkan selamat hari raya Tri Suci Waisak, pada Minggu (04/06/2023).

Nyoman menambahkan “Agar orang tua untuk selalu mengajarkan kepada anaknya berbuat baik dengan selalu berdoa dan mengingat kebaikan orang tuanya,” ajaknya.

Sementara saat hadiri perayaan waisak di Candi Sojiwan Suriadarma menyampaikan perayaan Waisak di berbagai daerah termasuk di Candi Sojiwan semarak dan umat Buddha sangat antusias. 

Menurut Nyoman ada tiga sari pati ajaran Buddha yang diterapkan umat Buddha, yakni berhenti berbuat jahat, perbanyak perbuatan bajik, serta sucikan hati dan pikiran.

Tiga hal ini dipraktikkan maka kita akan bahagia dan orang sekitar juga bahagia, ungkap Nyoman saat peringatan Waisak di Candi Sojiwan.

Peringatan Waisak di Candi Sojiwan diikuti oleh ribuan umat Buddha dari Majelis Mahayana yang berasal dari Jakarta, Bandung, Kediri, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

 


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait