Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Ribuan Umat Buddha Lakukan Perjalanan Bakti dari Candi Mendut ke Candi Borobudur

Senin, 15 Juli 2024
Kategori : Berita

Magelang (Bimas Buddha) -------- Di tengah terik panas matahari kawasan jalan Candi Mendut hingga Candi Borobudur dipadati oleh Ribuan Umat Buddha. Mereka melaksanakan Perjalanan Bakti yang menjadi bagian dari rangkaian Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja 2568/2024 pada Minggu (14/07/2024).

Tampak dalam rangkaian Perjalanan Bakti diantaranya Bhikkhu Sangha, Pabbaja Samanera dan Atasillani, Dirjen Bimas Buddha dan jajaran dan tokoh Agama, serta umat Buddha

Bhante Sri Pannavaro Mahathera mengatakan dalam Perjalanan Bakti terdapat Kereta Tipitaka dan Kereta Kencana Mahadatu.

"Di tengah ribuan umat Buddha yang sedang melaksanakan Perjalanan Bakti,  ada dua kereta yang dibawa menuju Candi Borobudur," kata Bhante Sri Pannavaro Mahathera.

"Kereta ini adalah Kereta Tipitaka dan Kereta Kencana Mahadatu yang beratnya 2,5 ton. Terbuat dari Logam yang dirancang oleh Nyoman Ali Mustafa, menceritakan kehidupan Budhisatwa," sambung Bhante Panna

Bhante Sri Pannavaro Mahathera menyampaikan bahwa Perjalanan Bakti dari candi Mendut menuju Candi Borobudur ini mengandung makna spiritual. Giat ini juga mengangkat budaya lokal, dan budaya nusantara. Ini murni perjalanan ibadah/perjalanan Puja atau Perjalanan Bakti.

“Ini Perjalanan Bakti, bukan karnaval, bukan kirab, atau bahkan bukan arak-arakan,” tegas Bhante.

Setelah sampai di Candi Borobudur umat selanjutnya melakukan puja bakti peringatan Asalha Mahapuja di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait