Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Ribuan Siswa Sekolah Minggu Buddha Ikuti Gebyar Waisak Temanggung 2024

Sabtu, 15 Juni 2024
Kategori : Berita

Temanggung (Bimas Buddha) -------- Rangkaian peringatan Waisak 2568 B.E/2024, Ribuan Siswa Minggu Buddha (SMB) ikuti Gebyar Waisak Temanggung.

Gebyar Waisak bertempat di lapangan Jatisari, Dusun Janggleng, Desa Tlogowungu, Kecamatan Kaloran menampilkan pentas seni dan budaya oleh Siswa SMB diantaranya tari gambyong, warok, topeng ireng, jaran kepang, prajuritan dan kesenian lainnya.

Ketua Panitia Gebyar Waisak Umat Buddha Temanggung Yamno mengatakan, pentas seni SMB tahun 2024 dikemas lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya bertujuan untuk merespons antusiasme generasi muda yang kian tinggi dalam berkesenian lokal.

Menurutnya SMB yang jumlahnya mencapai 80 lokasi di Kabupaten Temanggung menjadi ruang efektif dan interaktif untuk mengembangkan bakat dan minat anak-anak muda Buddha.

"Selain memperkuat ajaran Sang Buddha Gautama, pentas seni ini bisa menjadi ruang untuk mengembangkan potensi generasi Buddha agar lebih kreatif dan melestarikan kebudayaan dari leluhur kita," ujar Yamno saat membuka pentas seni.

Yamno berharap kegiatan yang merupakan rangkaian Gebyar Waisak Kabupaten Temanggung 2024 ini bisa menghibur masyarakat sekaligus memperkuat kerukunan umat beragama. Apalagi, kegiatan akbar ini banyak didukung dan melibatkan umat dari pemeluk agama lain seperti dalam pembinaan, pelatihan hingga keamanan.

“Praktik moderasi beragama yang tertanam baik ini diharapkan terus kokoh sehingga mampu membentengi upaya pihak lain yang berupaya mengoyaknya,” jelasnya.

"Kegiatan ini banyak melibatkan anak-anak. Tapi ini menjadi modal kuat bangsa untuk mencintai budaya sekaligus memperkokoh persatuan bangsa," jelas Ketua Lembaga Pembinaan Keagamaan Budhha Temanggung.

Yamno menambahkan selain pentas seni SMB, Gebyar Waisak Kabupaten Temanggung 2024 juga dirangkai dengan Pentas Seni Rakyat Temanggung dan Pentas Seni Jaran Kepang Massal.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait