Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809

Peserta STG Ikuti Talk Show Wawasan Kebangsaan

Sabtu, 04 November 2023
Kategori : Berita

Magelang (Bimas Buddha) ------ Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang, cara kita memandang bangsa Indonesia. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Sabto Widhi Nugroho pada acara Talk Show Wawasan Kebangsaan kepada peserta Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) ke-XI, pada Sabtu (04/10/2023).

“Gimana kita harus mengenali diri sendiri, kita memandang kemudian kembali pada diri sendiri, apa yang sudah ada dalam diri kita kemudian kita melihat keluar atau lingkungan, potensi apa yang ada di dalam diri kita dan ancaman apa yang ada di luar kita atau potensi apa yang ada di luar kita,” terangnya.

Brigjen TNI Sabto Widhi Nugroho menyebut kita perlu memasukkan dalam pikiran kita bahwa tujuan dari wawasan kebangsaan ini adalah mengutamakan persatuan dan kesatuan di wilayah Indonesia dalam menyelenggaralan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatanya Wakil Gubernur Akmil juga menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai pulau, suku bangsa dan bahasa yang semua ini merupakan anegerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita syukuri dan mengelola dengan sebaik-baiknya.

“Mengutip dari buku LB Murdani bahwa Wawasan Kebangsaan ada tiga demensi diantaranya rasa kebangsaan (kesadaran secara alamiah), faham kebangsaan (pikiran tentang harkat dan cita-cita kehidupan berbangsa) kemudian semangat kebangsaan (tekad untuk melawan semua ancaman dan rela berkorban bagi  kepentingan bangsa dan negara),” sebutnya.

Bangsa Indonesia juga harus memiliki karakter yang kuat, kepribadian yang kuat dan ketahanan nasional yang kuat, maka menurutnya kita harus melakukan membuka diri terhadap segala bentuk perubahan yang lebih baik, tanpa harus kehilangan identitas diri yang baik dan konstruktif bagi pembangunan bangsa.

Brigjen TNI Sabto Widhi Nugroho berharap mulai pendidikan dasar, menengah sampai dengan perguruan tinggi perlu tentang materi materi wawasan kebangsaan. “Ini perlu harus selalu diberikan harus ditanamkan berulang-ulang supaya benar benar merasuk ke jiwa kita,” sambungnya.

Wakil Gubernur Akmil menyebut dengan setiap kesempatan ada iven-iven seperti ini yang melibatkan anak-anak muda sangat berharap ada materi-materi tentang Wawasan Kebangsaan karena itu sangat penting.

 


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Budiyono
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait