Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD), Mengingat Kembali Ajaran Sang Buddha

Selasa, 19 April 2022
Kategori : Berita

Balikpapan (Humas Buddha) ------------------ Meyambut peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak, sebagian umat Buddha laksanakan Sebulan Pendalaman Dharma, Senin (18/04/2022).

Umat Buddha di Mahavihara Buddhamanggala Balikpapan melaksanakan Sebulan Pendalaman Dhamma mulai tanggal 14 April 2022 pukul 19.00 WITA sampai dengan 21.00 WITA.

Menurut Bhante Nandaviro, Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD) bertujuan untuk mempelajari dan mengingat kembali ajaran Sang Buddha sebelum hari Waisak tiba.

Dalam pelaksanaan SPD umat Buddha belajar secara intensif baik mendengar, melihat atau mempraktekkan dari segi teori maupun segi praktek tentang Dhamma itu sendiri, meliputi teori, sila, maupun bhavana.

“Tiga aspek tersebut untuk pembelajaran, dilakukan dalam menyambut hari waisak yang kira kira akan hadir di bulan Mei tepatnya tanggal 16 Mei 2022,” ungkapnya.  

Lebih lanjut Bhante menjelaskan secara garis besar, atau secara umum tujuan kita hanya mengingat kembali apa yang sang Buddha ajarkan, mengingat kembali apa yang harus kita latih karena mengingkat banyak aneka ragam baik pelatihan dan teori dalam Buddhisme jadi paling tidak kita mengingkat kembali sejauh mana yang kita pelajari.

Pelaksanaan Sebulan Pendalaman Dhamma sangat bervareasi tergantung daerahnya masing masing.

“Sebetulnya pelaksaaan Sebulan Pendalaman Dhamma bervareasi ada yang sebulan penuh 30 hari, ada yang mungkin seminggu sekali ada yang hari sabtu dan minggu menjelang waisak tergantung daerahnya masing masing,  karena ada banyak faktor yang melingkupi hal tersebut  dan kemampuan vihara, dari jumlah umatnya dan juga dari pembicarannya,” tambah Bhante.

Secara umum tahun ini pelaksanaan Sebulan Pendalaman Dhamma masih secara daring dan luring, mengingat himbauan pemerintah terkait dengan pencegahan virus covid-19.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait