Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dirjen: Langkah Awal untuk Memperkuat Komitmen

Sabtu, 03 Juni 2023
Kategori : Berita

Magelang (Bimas Buddha) ----------- DirekturJenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Supriyadi tanda tangani Perjanjian Kerjasama  International Morals and Ethics Contest (IMEC) antara Ditjen Bimas Buddha dengan Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI) dan International Buddhis Sosiety (IBS), pada Sabtu (03/06/2023).

Supriyadi sampaikan penandatanganan perjanjian kerjasama ini adalah sebuah langkah awal untuk kita lebih memperkuat komitmen dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional Indonesia khususnya, yakni membentuk manusia-manusia yang beriman bertakwa dan cerdas yang kemudian kita terjemahkan dalam konteks pendidikan keagamaan Buddha. 

“Maka kegiatan atau agenda yang dibangun oleh teman-teman MBMI yang bekerjasama dengan IMEC di Thailand menjadi sangat penting untuk kemudian kami selaku pemerintah memberikan support dan penguatan agar program yang telah dicanangkan ini yang sudah pernah berjalan akan semakin kita kuatkan secara masif sehingga seluruh siswa-siswa kita itu memiliki kemampuan dan memberi karakter,” jelasnya.

Karakter terkait dengan bagaimana menjadi manusia yang baik khususnya dalam kita membentuk manusia-manusia yang berkepribadian pada luhur.

Menurutnya dengan kita mempraktekkan ajaran Buddha sebagaimana tertuang di dalam Manggala Sutta 38 berkah utama itu menjadi tujuan hidup kita sebagai umat Buddha agar kita bisa menjadi manusia-manusia yang susila, manusia-manusia yang baik, manusia-manusia yang berkarakter dan tentunya menjadi manusia-manusia yang akhirnya bermanfaat bagi kehidupannya maupun kehidupan nantinya.

“Karena itu kegiatan kita hari ini penguatan dalam bentuk penandatanganan nota kesepemahaman ini menjadi momentum kita untuk lebih memperkuat komitmen kita bersama untuk mewujudkan masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang berkepribadian luhur masyarakat yang beriman dan bertaqwa yang punya kekuatan dan keyakinan dengan sebaik-baiknya kita tahu bahwa dengan berlandaskan iman. Maka dengan itulah akan bisa terwujud manusia yang berkualitas,” harap Dirjen.

"Terima kasih kepada jajaran International Buddhis Sosiety yang ada di Thailand yang telah berkenan menunjuk MBMI sebagai pelaksana kegiatan IMAC di Indonesia,” lanjut nya, Kami dari pemerintah khususnya Ditjen Binas Buddha akan menjadi bagian yang turut untuk mempromosikan dan untuk memberikan penguatan-penguatan agar kegiatan IMAC ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, semakin terukur dan tersebar sehingga semua siswa, mahasiswa, guru, dan dosen itu nantinya bisa memanfaatkan dan bisa mendapatkan manfaat yang besar.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama  International Morals and Ethics Contest (IMEC) antara STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri dengan Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI) dan International Buddhis Sosiety (IBS).


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait