Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Giat Pemanfaatan Candi Borobudur Bimas Buddha Selenggarakan International Buddhis Conference Indonesia.

Jumat, 18 November 2022
Kategori : Berita

Magelang (Humas Buddha) -------- Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha Indonesia (APTABI) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha selenggarakan International Buddhis Conference Indonesia (IBCI), Jum,at (18/11/2022).

Kegiatan dengan mengangkat tema: “Encountering the Sacred: Borobudur as A Site of Pilgrimage and Tourism for the Buddhist Word” di buka langsung oleh Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Wibowo Prasetyo.

Dalam sambutannya Wibowo menyampaikan Internasional Buddhist of Conference of Indonesia menjadi momentum yang sangat tepat untuk menjadikan Candi Borobudur sebagai pusat studi dan inspirasi bagi kita semua dalam pembangunan peradaban baru.

Menurutnya keberadaan Candi Borobudur tidak hanya untuk di kagumi keindahan seni arsitekturnya tapi juga harus dikembangkan fungsinya.

“Keberadaan Candi Borobudur tidak hanya untuk dikagumi keindahan seni arsitekturnya dan relief-reliefya, lebih dari itu Candi Borobudur juga harus dikembangkan fugsinya sebagai sumber inspirasi dan juga kekuatan spiritualnya,” jelasnya.

Wibowo berharap upaya-upaya leluhur yang telah dilakukan selama ini dapat meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan Buddha. Umat Buddha dapat kembali rutinitas ritualnya di Candi Borobudur dan kembali menjalankan tradisi leluhurnya.

Kepala Kesbangpol Porvinsi Jawa Tengah Khaerudin dalam membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah menyampaikan dukungannya atas terlaksananya kegiatan ini yang dapat mendorong semua pihak dalam meningkatkan eksistensi Candi Borobudur, baik sebagai pusat agama Buddha termasuk sebagai pusat pengembangan akademisi Buddha.

Dirjen Bimas Buddha Supriyadi mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan ABTABI dalam rangka memanfaatan Candi Borobudur.

“Kemenag melalui Ditjen Bimas Buddha bersama dengan ABTABI dalam rangka memaknai atas penandatangan empat Menteri dan dua Gubernur terkait dengan pemanfaatan Candi Borobudur untuk ibadah agama Buddha Indonesia maupun dunia, disitulah rasa syukur kita, kita maknai dengan satu even komferensi international yang menghadirkan 10 negara dengan beberapa partisipan,” ungkap Dirjen.

Turut hadir acara pembukaan International Buddhis Conference Indonesia (IBCI) YM. Bhante Sri Pannavaro Mahathera dan perwakilan Bhikhu Sangha, Asisten Deputi Bidang Pendidikan Kagamaan dan Moderasi Beragama Moderasi Menko PMK, Kepala Kesbangpol Povinsi Jawa Tengah, Perwakilan dari Chairman of PATA Chapter and Founder of Tidar Heritage Foundation,  Ketua Perguruan Tinggi Agama Buddha dan tamu undangan.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait