Top
    buddhasisfo@kemenag.go.id
(021) 3810671
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Ditjen Bimas Buddha Gelar Pertemuan Pemuda Pemudi Buddhis.

Rabu, 16 November 2022
Kategori : Berita

Magelang (Humas Buddha) ----------------  Direktorat Jenderal Bimas Buddha gelar pertemuan para pemuda pemudi Buddhis dari seluruh Indonesia dalam Yobbana Dhamma Samaya.

Dirjen Bimas Buddha Supriyadi mengatakan kegiatan ini sebagai suatu upaya kita target dari prioritas Menteri Agama terkait tentang peningkatan peran fungsi pemuda dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Indonesia.

“Suatu upaya kami untuk membangun kebersamaan diantara para pemuda tidak hanya untuk umat Buddha semata tetapi melibatkan seluruh kongres pemuda dari magelang,” jelas Dirjen, Rabu (16/11/2022).

Dirjen menambahkan ini juga untuk menguatkan pemahaman kepada umat dan pemuda agar masyarakat memahami kebijakan Menteri Agama menempatkan Candi Borobudur sebagai pusat ibadah agama Buddha Indonesia dan dunia sehingga dengan pelibatan ini akan ada pemahaman yang utuh, mereka tidak ada rasa saling curiga tapi justru kita menunjukkan peran Candi Borobudur, akan bisa membangkitkan semangat spiritualitas umat beragama di Indonesia dengan pelibatan para influencer muda terutama dari lintas agama.

Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo mengapresiasi kegiatan petemuan para pemuda pemudi Buddhis sebagai forum dan salah satu tonggak kebersamaan para pemuda Buddhis menggelorakan moderasi beragama.

“Yobbana Dhamma Samaya para pemuda pemudi Buddhis ini menjadi acara yang luar biasa, dan salah satu tonggak kebersamaan para pemuda dalam menggelorakan dan menggaungkan semangat moderasi beragama,” ungkap Wibowo pada acara pembukaan.

Selanjutnya kepada para pemuda pemudi Indonesia Staf khusus Menteri Agama berpesan untuk terus mengedepankan keiklasan dan kebesaran hati dalam menyikapi keberagaman dalam kehidupan bersama, sehingga terjaga ketertiban dan ketentraman dalam kehidupan.

“Ini juga sejakan dealam pesan penting Buddha dalam Dhammapada Syair 223, yang menjelaskan: “kalahkan amarah dengan cinta kasih, kalahkan kejahatan dengan kebajikan, kalahkan kekikiran dengan kemakmuran hati, kalahkan kebohongan dengan kejujuran,” pesannya.

Kegiatan Yobbana Dhamma Samaya tahun 2022 dikuti oleh 34 provinsi dan masing masing provinsi mewakilkan 7 orang pemuda pemudhi Buddhis serta mengundang pemuda pemudi lintas agama pada wilayah Magelang. 


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait