Top
    bimasbuddha@kemenag.go.id
+62 811-1001-1809
Puslitbang LKKMO Gelar Persiapan Omnibus Riset dan Survei Zona Integritas

Dirjen Bimas Buddha Lakukan Pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Buddhist Association of China

Jumat, 01 Desember 2023
Kategori : Berita

Jakarta (Bimas Buddha) ----------- Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Supriyadi lakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Buddhist Association of China Mr. Liu Wei di Guangji Temple pada Kamis (30/11/2023).

Supriyadi menyampaikan perkembangan agama Buddha di Indonesia, salah satunya adalah pengaruh dari kedatangan I-Tsing, seorang pendeta Tiongkok yang hadir ke Indonesia untuk memperdalam ajaran Buddha yang berkembang di Nusantara pada abad ke-7.

Perkembangan agama Buddha di Indonesia pernah mengalami masa kejayaannya pada masa kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Peninggalan sejarah peradabam yang agung ada di Candi Muaro Jambi dan Candi Borobudur.

Kehidupan umat beragama di Indonesia mendapat perhatian yang sangat baik dari pemerintah.

Melalui forum pertemuan tersebut Supriyadi berharap ke depannya terjalin kerja sama yang baik. Tak hanya itu, Ditjen Bimas Buddha perlu mendapatkan informasi terbaik atas keberagaman beragama di Tiongkok khususnya agama Buddha untuk peningkatan layanan pada Ditjen Bimas Buddha.

Dalam pertemuan tersebut, Mr. Liu Wei menyampaikan tentang perkembangan agama Buddha di Tiongkok, serta bagaimana agama Buddha sangat menyatu dengan kepercayaan lokal dan budaya Tiongkok. Disebutkannya bahwa pemerintah sangat memperhatikan perawatan tempat ibadah sesuai dengan sejarah.

Ia juga menyampaikan bagaimana keberagaman antar dan intra umat  beragama di Tiongkok terjalin dengan sangat baik.

“Tiongkok dan Indonesia sama-sama memiliki keragaman agama dan suku, sehingga kita bisa saling belajar terkait keberagamaan untuk dapat berkembanga bersama-sama”, tutup Mr. Liu Wei.


Sumber
:
Humas Buddha
Penulis
:
Tim Humas
Editor
:
Budiyono

Berita Terkait